Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Rehabilitasi Gelora Bung Karno Senayan Baru Dua Persen

Kompas.com - 01/10/2016, 23:21 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati masih minim progres, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimistis renovasi Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dan pembangunan wisma atlet Kemayoran untuk Asian Games 2018 bisa selesai tepat waktu.

"Saya optimistis akan selesai sesuai target semuanya Oktober 2017 nanti, saat ini untuk di GBK hampir semuanya sekitar 2 persen. Untuk di Kemayoran ini dari laporan tadi sudah mencapai 22 persen," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (1/10/2016).

Kawasan sekitar area GBK Senayan, lanjut Basuki telah memasuki tahap desain sehingga pengerjaannya bisa segera dilakukan.

"Penataan kawasan ini perlu sehingga tidak hanya venue-nya saja yang baru, tapi kawasannya juga diharapkan lebih nyaman," tambahnya. Adapun renovasi sebanyak 14 venue di GBK Senayan akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya.

Keempatbelas venue yang akan direnovasi sesuai rencana adalah Stadion Utama, Tennis Indoor dan Outdoor, Gedung Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Hockey, Lapangan Panahan, Lapangan Sepakbola A/B/C, Stadion Renang, dan Istora Senayan.

Perbaikan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana luar bangunan seperti gerbang, loket, pedestrian, area parkir, pagar, tempat duduk, dan toilet.

Kemudian juga melakukan perbaikan terhadap penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym, dan sampah.

Ditjen Cipta Karya sendiri telah melakukan penandatanganan empat paket konstruksi terintegrasi rancang dan bangun (design and build) untuk pembangunan dan rehabilitasi venue dan lima paket konsultan manajemen kontruksi senilai Rp 1,2 triliun pada 15 Agustus 2016 lalu.

Sementara untuk rumah susun (rusun) Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun Kementerian PUPR akan memiliki 10 menara.

Tiga menara rusun dibangun di blok C2 di atas lahan seluas 27.654 meter persegi dengan kapasitas 1.932 unit hunian dan tujuh menara di Blok D10 di atas lahan seluas 79.400 meter persegi dengan 5.494 unit hunian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com