Markas FBI dan Intelijen Inggris Digelari Bangunan Terburuk di Dunia

Kompas.com - 20/09/2016, 23:00 WIB
M16 Building M16 Building
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Seperti kebanyakan desainer dan arsitek tahu bahwa ada beberapa ide rancangan yang terlihat lebih baik di atas kertas ketimbang kenyataannya.

Untuk alasan itulah Building Design, sebuah situs arsitektur Inggris menggelar Carbuncle Cup atau gelar yang ditujukan untuk gedung paling buruk selama setahun.

Pada tahun ini, situs tersebut mencemooh Lincoln Plaza, sebuah gedung residensial mewah setinggi 31 lantai di London sebagai gedung terburuk dan menyebutnya sebagai gedung horor yang tidak seharusnya dibangun.

Berikut ini daftar gedung terburuk di dunia:

1. Lincoln Plaza, London, Inggris

'Pemenang' Carbuncle Cup 2016 ini sejatinya merupakan gedung mewah dan terdiri dari bermacam fasilitas.

Sebut saja, klab kesehatan, teater film pribadi, dan taman musim dingin empat lantai, semuanya ada di apartemen 31 lantai ini.

Kendati begitu, desain arsitektur gedung ini justru mengundang banyak kritik dan Building Design sendiri menyebut pembungkus gedungnya kacau, fasad dan balkonnya tumpang tindih sehingga menjadikan Lincoln Plaza memiliki desain memalukan dan gimik visual yang murah.

Tim Ayers/Alamy Lincoln Plaza

2. Aoyama Technical College, Tokyo, Jepang

Bangunan universitas di Jepang ini dihubungkan dengan salah satu karakter yang ada di film Transformers.

Menurut situs resmi univeritas, bangunan ini terdiri dari elemen arsitektural esensial seperti kotak surat, tangki air, dan penangkal petir.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X