BPJS Ketenagakerjaan Targetkan 14 Juta Anggotanya Punya Rumah

Kompas.com - 12/09/2016, 10:30 WIB
Logo BPJS Ketenagakerjaan. (Sumber: www.bpjsketenagakerjaan.go.id) Logo BPJS Ketenagakerjaan. (Sumber: www.bpjsketenagakerjaan.go.id)
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menargetkan semua anggotanya dapat memiliki rumah melalui program manfaat layanan tambahan perumahan.

"Manfaat layanan tambahan perumahan merupakan salah satu program yang ada di empat program kami seperti jaminan hari tua, jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, dan program pensiun," kata Kepala Urusan Investasi Properti BPJS Ketenagakerjaan Edy Subagyo, di Jakarta, pekan lalu.

Target peserta pekerja yang ditargetkan oleh Edy untuk bisa mendapatkan bantuan perumahan tersebut sesuai dengan jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Target kami seluruh pekerja bisa punya rumah. Untuk anggota kami saat ini ada 12-14 juta pekerja dan diperuntukkan bagi mereka yang mengikuti program jaminan hari tua," tambah Edy.

Sedangkan untuk program lainnya, lanjut Edy, belum dimungkinkan untuk mendapatkan manfaat layanan tambahan perumahan.

Pasalnya, perumahan merupakan hal jangka panjang yang mampu dijadikan salah satu aset ketika menjalani hari tua nanti.

Untuk itu, program manfaat layanan tambahan perumahan ini akan mengambil dana investasi sebesar 30 persen dari jaminan hari tua anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat layanan tambahan perumahan ini sendiri terdiri dari empat jenis, yakni pinjaman uang muka perumahan (PUMP), kredit pemilikan rumah (KPR), kredit konstruksi (KK), dan pinjaman renovasi perumahan (PRP).

Sasaran manfaat terbagi ke dalam dua segmen, yakni segmen rumah pekerja dengan penghasilan Rp 5,7 juta hingga Rp 10 juta dan segmen fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dengan gaji kurang dari Rp 5,7 juta.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X