Dana Tol Terbanggi Besar-Bakauheni dari Subsidi Tol Semarang-Batang

Kompas.com - 10/09/2016, 15:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya pemertaan pembangunan jaringan jalan tol, pemerintah menerapkan skema subisidi silang.

Skema ini mulai diterapkan pada pembangunan ruas Tol Semarang-Batang dengan subsidi silang ke pengadaan lahan Terbanggi Besar-Bakauheni.

Ruas tol Terbanggi Besar-Bakauheni ini termasuk jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera.

"25 kilometer sudah disubsidi dari ruas Semarang-Batang. Kami masih butuh 55 kilometer lagi untuk sampai 80 kilometer," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, (9/9/2016).

Ia menuturkan, saat ini proses lelang untuk ruas-ruas lain masih berlangsung. Dalam lelang tersebut, pemerintah juga mengharapkan dukungan dari para kontraktor untuk mau memberikan subsidi.

Sementara itu, untuk ruas yang kini sedang dilelang adalah Tol Jakarta-Cikampek 2, dan Tol Legundi-Bunder.

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen

"Kita lihat hasilnya. Kami kan sedang lelang ya, nanti kita evaluasi lagi. Kalau lebih (dari target), ya sudah selesai," jelas Herry.

Sebelumnya, dana pengadaan tanah jalan tol melalui subsidi ditentukan oleh badan usaha yang bersangkutan.

Dengan adanya subsidi silang seperti ini, maka pemerintah bisa menghemat penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehingga bisa dipakai untuk tempat lain.

"Dengan dibangun di sini (Terbanggi Besar-Bakauheni) yang menggunakan dana badan usaha, APBN bisa dipakai ke Papua misalnya," kata Herry, Jumat (17/6/2016).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.