Kompas.com - 06/09/2016, 23:59 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau pembanguan ruas tol Trans Sumatera. Tampak di foto Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (berbatik biru) turut mendampingi Presiden. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo meninjau pembanguan ruas tol Trans Sumatera. Tampak di foto Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (berbatik biru) turut mendampingi Presiden.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggunakan anggaran 2017 untuk tiga program prioritas nasional.

Ketiganya adalah ketahanan air/pangan, konektivitas, dan perumahan permukiman. Adapun anggaran yang diterima Kementerian PUPR pada 2017 adalah sebanyak Rp 105,6 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk program konektivitas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bakal melanjutkan pembangunan beberapa ruas jalan sesuai dengan komitmen.

Di antaranya pembangunan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, Jalan Trans Papua yang saat ini tinggal 176,1 kilometer dan kemudian pembangunan jalan di perbatasan Kalimantan, Nusa Tenggara Timur.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (6/9/2016), pembangunan jalan perbatasan, juga akan menjadi program prioritas dalam hal konektivitas.

Selain jalan, Kementerian PUPR juga akan membangun jembatan sepanjang 7.898 meter pada 2017 nanti, termasuk bentang panjang Jembatan Teluk Kendari, Jembatan Holtekamp, dan Jembatan Pulau Balang.

"Untuk pembangunan jalan tol tahun 2017 sepanjang 23 kilometer. Di antaranya Tol Medan–Kualanamu, Tol Akses Tanjung Priok, Tol Cisumdawu, Tol Solo–Kertosono, Tol Balikpapan–Samarinda, dan Tol Manado-Bitung," ujar Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.