KEK Tanjung Kelayang Dibangun dengan Konsep Ramah Lingkungan

Kompas.com - 04/09/2016, 12:00 WIB
Salah satu penyu yang dilepas sebagai bagian dari rangkaian acara peletakan batu pertama KEK Tanjung Kelayang, Belitung, Bangka Belitung, Jumat (2/9/2016). Arimbi RamadhianiSalah satu penyu yang dilepas sebagai bagian dari rangkaian acara peletakan batu pertama KEK Tanjung Kelayang, Belitung, Bangka Belitung, Jumat (2/9/2016).
|
EditorHilda B Alexander

BELITUNG, KOMPAS.com - Pariwisata menjadi bernilai ekonomi ketika suatu kawasan atau destinasi wisata dikelola dengan baik.

Melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kesejahteraan masyarakat dan pemasukan pemerintah diharapkan bisa meningkat.

Namun, tidak hanya mengutamakan manfaat ekonomi, pembangunan KEK harus memperhatikan keberlangsungan lingkungan itu sendiri.

Begitu pula dengan pembangunan KEK Tanjung Kelayang di Belitung, Bangka Belitung.

"KEK Tanjung Kelayang akan dibangun dengan konsep yang lebih ramah lingkungan," ujar Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas Hiramsyah Sambhudy Thaib kepada Kompas.com, Jumat (2/9/2016).

Hiramsyah mengatakan, hal ini ditunjukkan dengan sejumlah acara yang menandai pembangunan KEK tersebut.

Saat peletakan batu pertama KEK Tanjung Kelayang, acara lingkungan yang digelar antara lain pembebasan penyu dan penanaman pohon.

Kedua rangkaian acara ini dihelat dengan melibatkan beberapa perwakilan kedutaan besar dari negara-negara tetangga.

Selain dua kegiatan tersebut, menurut Hiramsyah, rencananya nanti akan diadakan klub pasar juga sebagai kampanye ramah lingkungan.

KEK Tanjung Kelayang dibangun di lahan seluas 390 hektar. Investor yang bersedia membangunnya adalah Dharmawangsa Group.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X