Gandeng Danareksa, Perumnas Targetkan Himpun Dana Rp 2 Triliun

Kompas.com - 31/08/2016, 17:42 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka percepatan realisasi Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah, Perum Perumnas selaku BUMN berusaha untuk terus meningkatkan perannya dalam penyediaan perumahan.

Oleh sebab itu, kapasitas pendanaan menjadi salah satu hal yang menjadi prioritas Perumnas. Mereka kemudian mencari optimalisasi pendanaan di luar perbankan dengan menggandeng Danareksa Investment Management (DIM).

Melalui skema Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) yang akan dikelola DIM, beberapa proyek Perumnas yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan menjadi obyek pembiayaan.

"Kami berharap adanya alternatif pembiayaan ini maka percepatan pembangunan rumah murah dapat segera terlaksana," kata Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Adapun RDPT yang dikelola oleh DIM ini merupakan RDPT ekuitas sehingga bisa menjadi jawaban bagi pembiayaan perumahan murah oleh Perumnas.

"Ini merupakan produk alternatif yang dapat menjadi solusi bagi Perumnas menjalankan dukungan sejuta rumah," tambah Direktur Utama DIM Prihatmo Hari Mulyanto, dalam kesempatan sama.

Strategi pendanaan ini juga bisa digunakan sebagai alternatif investasi produk ekuitas yang akan menjadi pendukung pendanaan dari Pemerintah melalui PMN, pinjaman, dan juga pendanaan internal Perumnas.

Ekspektasi dana yang ingin dihimpun oleh Perumnas melalui skema RDPT ini adalah sebanyak Rp 2 triliun.

"Dana ini akan kami gunakan untuk membiayai pembangunan perumahan rakyat," ujar Direktur Keuangan dan SDM Perumnas Hakiki Sudrajat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.