Anggaran Kembali Dipangkas, Kementerian PUPR Lakukan Penghematan

Kompas.com - 29/08/2016, 18:19 WIB
Ilustrasi rupiah ThinkstockIlustrasi rupiah
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi salah satu dari 85 Kementerian/Lembaga (K/L) yang kembali mendapat pemotongan anggaran.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 8 tahun 2016 yang dikeluarkan pada 26 Agustus 2016 silam. Ada pun besaran anggaran yang dipangkas adalah Rp 6,980 triliun.

Pemotongan kali ini merupakan yang kedua bagi Kementerian PUPR setelah pada awal 2016 silam anggaran mereka "didiskon" sebesar Rp 8,4 triliun.

Pemotongan ini sendiri kemudian berimbas pada beberapa proyek yang dikerjakan Kementerian PUPR pada tahun ini.

"Karena ini sudah diputuskan maka kami akan mengurangi di sektor sisa tender. Selain itu juga yang belum tender dan paket-paket single year yang progresnya jelek dan bikin masalah, itu juga bakal kami kurangi," kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Taufik Widjoyono, di Jakarta, Senin (29/8/2016).

Menurut Taufik, kalau upaya tersebut belum memadai juga maka pihaknya akan mengurangi anggaran di beberapa proyek multiyears atau tahun jamak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X