Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Termahal Se-Jagat Raya Dipasarkan Rp 14,5 Triliun

Kompas.com - 23/08/2016, 22:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

NICE, KOMPAS.com - Rumah termahal di dunia telah masuk ke pasar jual. Harga yang diminta untuk rumah tersebut adalah 1,1 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 14,5 triliun.

Namanya Villa Les Cedres, rumah yang berlokasi di area "taman bermain miliarder" Saint-Jean-Cap-Ferrat dekat Kota Nice ini dibangun sekitar tahun 1830 dan dulunya menjadi tempat tinggal King Leopold II dari Belgia.

Properti ini sekarang dimiliki oleh Suzanne Marnier-Lapostolle yang merupakan anggota keluarga Grand Marnier.

Keluarga tersebut pindah ke rumah ini pada 1920-an namun kini mereka mencari tempat yang lebih kecil lagi untuk bisa ditinggali.

Rumah ini bisa dikatakan sangat besar lantaran memiliki 10 kamar tidur, kolam renang ukuran Olimpiade, 3.500 meter persegi halaman rumput, ruang serbaguna atau ballroom, kandang yang mampu menampung 30 kuda, dan kebun raya.

Berdasarkan data Forbes, kebun raya merupakan merupakan aspek paling berharga di rumah ini. Kebun raya yang ditangani 15 tukang kebun ini dianggap sebagai kebun privat paling indah di Eropa.

Selain itu, kebun raya di rumah ini juga memiliki 20 rumah kaca dengan terdiri dari kurang lebih 15.000 spesies tropikal langka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com