Saluran Air Bersih Sempurna dengan Cuka dan "Baking Soda"

Kompas.com - 10/08/2016, 09:00 WIB
www.shutterstock.com Keempat, ketahui saluran air dan pipa-pipa di rumah Anda. Pipa yang bocor bisa mengakibatkan masalah serius dan mengeluarkan biaya mahal.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com — Pasar-pasar swalayan dan toko penyedia barang-barang keperluan rumah tangga kerap menyediakan solusi pembersih saluran air yang efektif.

Sayangnya, pembersih semacam ini umumnya mengandung asam sulfat yang berbahaya bila tersentuh kulit manusia.

Adanya kontak dengan kulit manusia saja sudah menyebabkan kulit terbakar, apalagi jika tertelan, atau terciprat ke mata.

Untuk menghindari efek samping ini, Anda bisa menggunakan pembersih saluran air yang alami.

Cukup hanya dengan setengah cangkir baking soda (pengembang kue), satu cangkir cuka putih, sekitar empat liter air panas, dan sari lemon, Anda sudah bisa mendapatkan pembersih yang alami untuk saluran air.

Pertama, tuangkan pengembang kue ke dalam saluran air yang mampat. Pengembang kue tergolong alkalin yang bisa mengurai lemak dan kotoran dalam saluran air serta pipa.

Sementara pengembang kue bekerja di saluran air, campurkan cuka putih dan sari lemon. Kemudian, tuangkan campuran ini ke dalam saluran air.

Asam pada cuka akan membuat pengembang kue berbusa. Proses agitasi inilah yang akan mempermudah Anda membilas saluran.

Biarkan selama lima menit. Setelah itu, tuangkan air panas. Air akan membersihkan busa dan kotoran menempel.

Proses ini relatif tidak menghabiskan banyak waktu sehingga Anda bisa kembali melakukan kegiatan seperti biasa tanpa takut tergesa-gesa.

Selamat mencoba!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X