Kompas.com - 04/08/2016, 12:06 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Desain Thailine atau proyek peremajaan 960.000 meter persegi area di bawah jalan raya utama Bangkok, Thailand resmi dirilis.

Direktur Desain Marques & Jordy Jon Sealey, menyebutkan, desain ini adalah bagian dari skema pembangunan kembali area tersebut. Bangkok diketahui memiliki sejumlah isu utama perkotaan.

"Masalah ini meliputi polusi dan kemacetan, harga tanah dan peningkatan populasi. Ada pula orang-orang sangat miskin yang tinggal di daerah ini," ujar Jon.

Jon menghabiskan tiga tahun untuk mempelajari berbagai komunitas yang memanfaatkan ruang tersebut dan mengusulkan suatu pemikiran ulang bagaimana daerah ini seharusnya digunakan.

Sementara Bangkok berekspansi ke pinggiran kota, ada kebutuhan ruang yang tumbuh. Proposal ini mencakup pembangunan pusat pengolahan limbah, pusat kesehatan, infrastruktur hibrida baru, kawasan komersial dan residensial.

Lebih penting lagi ada juga koneksi warisan yang sangat kuat. "Sangat penting bahwa nilai-nilai Thai diperkaya dan tertanam pada skema tersebut. Ini benar-benar seperti perkembangan orang-orang Thailand dan komunitas mereka" jelas Jon.

Ia menambahkan, ada hampir satu juta meter persegi ruang yang bisa dikembangkan untuk seniman lokal, kuil, pagoda, pasar lokal, dan pusat kerajinan.

Proposal ini adalah untuk memberikan area komunitas yang diciptakan eco-sensitive di bawah jalan raya yang ada.

Visinya membangun tidak hanya bagi pejalan kaki dan ruang publik yang ramah sepeda tapi juga sebagai mesin untuk perbaikan lingkungan, ekonomi, dan budaya dalam kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.