Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor dengan Tanaman Hijau Tingkatkan Produktivitas Kerja hingga 15 Persen

Kompas.com - 01/08/2016, 11:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Berdasarkan sebuah penelitian, menempatkan tanaman di dalam kantor ternyata membuat pekerja lebih produktif.

Psikolog menemukan, menghadirkan tanaman hijau di tempat kerja menyebabkan bertambahnya konsentrasi staf hingga 15 persen.

Demikian kesimpulan para peneliti dari Cardiff University yang memantau dua kantor komersial besar di Inggris dan Belanda.

Mereka melaporkan dalam Journal of Experimental Psychology, setelah membawa masuk tanaman ke dalam kantor, produktivitas karyawan secara keseluruhan meningkat sebesar 15 persen hanya dalam waktu tiga bulan.

"Data dari hasil penelitian ini menunjukkan lingkungan kerja hijau secara konsisten lebih menyenangkan karyawan. Suasananya lebih kondusif untuk konsentrasi, dan lebih produktif untuk bisnis," peneliti utama Cardiff University, London, Inggris Marlon Nieuwenhuis.

Selain itu, lanjut Marlon, penelitian ini juga menunjukkan bahwa investasi dalam lanskap kantor dengan tanaman akan meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas karyawan.

Para ilmuwan berpikir, biologi mungkin ada hubungannya dengan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan pekerja.

Sementara itu, penelitian terpisah telah menemukan bahwa daun-daun di tanaman menyerap polutan di udara, menyaring debu, dan meningkatkan kualitas udara.

Tak hanya itu, beberapa penelitian sebelumnya bahkan telah memaparkan bahwa sejumlah besar tanaman pot di kantor dapat mengurangi jumlah karyawan yang sakit.

Penemuan-penemuan itu kemudian berlanjut ke teori yang menyebutkan, orang bisa bekerja lebih baik di lingkungan menyenangkan.

Adapun sebagian lainnya merasa karena manajer mereka memberi mereka kesan mereka berinvestasi untuk kesejahteraan mereka, menciptakan insentif lebih besar untuk bekerja keras atas nama perusahaan.

"Secara psikologis, ini memanipulasi kerja nyata tentang apa yang benar dan yang salah dengan desain ruang kerja dan manajemen. Kami sedang mengembangkan template untuk kantor yang benar-benar pintar," tandas salah satu peneliti dari University of Exeter Craig, yang juga terlibat dalam studi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com