Torre Reforma, Gedung yang Diproyeksikan Tahan Gempa Selama 2.500 Tahun

Kompas.com - 23/07/2016, 07:00 WIB
Torre Reforma Torre Reforma
|
EditorHilda B Alexander

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Salah satu gedung terbaru di cakrawala Mexico City bukan hanya sekadar ikon kota, melainkan dibuat tahan gempa dan hemat energi.

Gedung bernama Torre Reforma ini dirancang oleh Arup dan merupakan pencakar langit beton tiga sisi yang memiliki pra-sertifikat LEED Platinum Core dan Shell.

Torre Reforma sengaja dibangun untuk mampu menahan beban lateral, angin kencang, dan berbagai aktivitas gempa yang diproyeksikan untuk jangka waktu hingga 2.500 tahun.

Dalam merancang bentuk segitiga Torre Reforma, Arup berkolaborasi dengan firma L Benjamin Romano Arquitects (LBRA). Selain bentuknya yang memanjakan mata, Torre Reforma ditahbiskan sebagai gedung tertinggi kedua di Mexico City.

Penampilan mencolok Torre Reforma diperoleh dari gantungan ganda V yang dikencangkan guna mendukung fasad mengilap.

Kemudian penuangan beton dengan kelipatan 70 centimeter memberikan striasi dan variasi warna pada eksterior gedung.

Untuk membuat pemandangan panorama luar biasa Torre Reforma, sang arsitek menciptakan interior bebas kolom dengan langit-langit yang ditinggikan.

Torre Reforma merupakan gedung dengan elevator terbanyak di Amerika Latin. Sekitar 35 elevator dan tangga keluar masuk diletakkan di sudut segitiga gedung.

"Karena Torre Reforma memiliki dasar rancang bangun segitiga maka gedung ini punya kecenderungan inheren untuk memutar ketika mengalami beban lateral dan angin, juga gempa bumi," sebut Arup.

Sebelum membangun Torre Reforma, Arup telah menerapkan analisis komprehensif sepanjang waktu untuk membangun performa struktur ketika mengalami gempa bumi ekstrim.

Torre Reforma diharapkan mampu memperoleh sertifikat LEED Platinum Core dan Shell. Sertifikat itu diberikan bagi gedung dengan performa sangat baik dalam hal efisiensi energi dan pelestarian lingkungan.

Bangunan ini mengadopsi teknologi daur ulang air hujan menjadi air yang bisa digunakan untuk keperluan sanitasi.

Selain itu, Torre Reforma juga memiliki interior dan ventilasi pasif yang mampu mengatur suhu di dalam ruangan dan juga dinding beton pelindung interior dari sinar matahari yang tak diinginkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X