Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Torre Reforma, Gedung yang Diproyeksikan Tahan Gempa Selama 2.500 Tahun

Kompas.com - 23/07/2016, 07:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Salah satu gedung terbaru di cakrawala Mexico City bukan hanya sekadar ikon kota, melainkan dibuat tahan gempa dan hemat energi.

Gedung bernama Torre Reforma ini dirancang oleh Arup dan merupakan pencakar langit beton tiga sisi yang memiliki pra-sertifikat LEED Platinum Core dan Shell.

Torre Reforma sengaja dibangun untuk mampu menahan beban lateral, angin kencang, dan berbagai aktivitas gempa yang diproyeksikan untuk jangka waktu hingga 2.500 tahun.

Dalam merancang bentuk segitiga Torre Reforma, Arup berkolaborasi dengan firma L Benjamin Romano Arquitects (LBRA). Selain bentuknya yang memanjakan mata, Torre Reforma ditahbiskan sebagai gedung tertinggi kedua di Mexico City.

Penampilan mencolok Torre Reforma diperoleh dari gantungan ganda V yang dikencangkan guna mendukung fasad mengilap.

Kemudian penuangan beton dengan kelipatan 70 centimeter memberikan striasi dan variasi warna pada eksterior gedung.

Untuk membuat pemandangan panorama luar biasa Torre Reforma, sang arsitek menciptakan interior bebas kolom dengan langit-langit yang ditinggikan.

Torre Reforma merupakan gedung dengan elevator terbanyak di Amerika Latin. Sekitar 35 elevator dan tangga keluar masuk diletakkan di sudut segitiga gedung.

"Karena Torre Reforma memiliki dasar rancang bangun segitiga maka gedung ini punya kecenderungan inheren untuk memutar ketika mengalami beban lateral dan angin, juga gempa bumi," sebut Arup.

Sebelum membangun Torre Reforma, Arup telah menerapkan analisis komprehensif sepanjang waktu untuk membangun performa struktur ketika mengalami gempa bumi ekstrim.

Torre Reforma diharapkan mampu memperoleh sertifikat LEED Platinum Core dan Shell. Sertifikat itu diberikan bagi gedung dengan performa sangat baik dalam hal efisiensi energi dan pelestarian lingkungan.

Bangunan ini mengadopsi teknologi daur ulang air hujan menjadi air yang bisa digunakan untuk keperluan sanitasi.

Selain itu, Torre Reforma juga memiliki interior dan ventilasi pasif yang mampu mengatur suhu di dalam ruangan dan juga dinding beton pelindung interior dari sinar matahari yang tak diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com