Harga Lahan Kuburan Tembus Rp 16 Juta Per Kavling

Kompas.com - 21/07/2016, 17:53 WIB
San Diego Hills San Diego Hills
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertama kali beroperasi pada 2007, kawasan pemakaman elit San Diego Hills, di Karawang, Jawa Barat menetapkan harga Rp 3 juta per unit atau kavlingnya.

Saat ini, harganya sudah berada di kisaran Rp 16 juta per unit tergantung pilihan paket yang disediakan Lippo Group. Kenaikan harga unit ini disebabkan karena harga lahan di Karawang yang juga terus naik.

"Nilai Obyek pajak (NJOP) di Karawang naik terus. Karawang ini lebih berkembang daripada kawasan lain di dekatnya seperti Bekasi atau Cikarang lho," ujar Direktur San Diego Hills Suziany Japardy kepada Kompas.com, di San Diego Suites, Siloam Hospitals, Jakarta (21/7/2016).

Ia mengatakan, Karawang terus berkembang karena pesatnya pembangunan infrastruktur dan industri.

Hingga saat ini, dari total lahan San Diego Hills seluas 350 hektar, sebanyak 8.000 unit sudah dipakai. Sementara untuk unit yang terpesan seluas 80 hektar.

Suzi menyebutkan, pembeli lahan San Diego Hills tidak hanya keluarga dari jenazah atau mereka yang memesan lahan.

Namun, ada pula yang memindahkan jenazah sanak keluarga yang meninggalkan mereka beberapa tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, San Diego Hills merupakan pemakaman mewah yang memiliki sejumlah fasilitas.

Lippo Group menyediakan fasilitas antara lain kolam renang, multi function room, marketing gallery, dan jogging track.

Untuk area pemakamannya dibagi menjadi tiga, yaitu pemakaman Muslim, Tionghoa, dan universal.

Sebagai fasilitas tambahan, saat ini San Diego Hills menyediakan San Diego Suites atau rumah duka yang pertama kali tersedia di Siloam Hospitals, Semanggi, Jakarta. Rumah duka ini mulai beroperasi tahun 2016.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X