Ini Tips Menghemat Energi Ruangan

Kompas.com - 19/07/2016, 16:46 WIB
Desain interior rumah bergaya Skandinavia Desain interior rumah bergaya Skandinavia
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Ketika Anda ingin menjaga lingkungan sambil menghemat tagihan, membuat rumah lebih efisien dalam penggunaan energi merupakan solusi cerdas.

Sebuah perusahaan jasa pemasangan pintu, jendela, dan kelengkapan rumah lainnya bernama Senator Windows memberikan tips dan trik dalam menghemat ruang dalam rumah.

Kebanyakan energi yang digunakan di rumah berasal dari bahan bakar fosil, termasuk minyak, gas, batu bara, dan gabut, namun semua itu terbatas di dunia ini.

Tiap bahan bakar fosil yang digunakan memroduksi gas CO2, gas penyebab efek rumah kaca. Oleh karena itu, perlu adanya efisiensi penggunaan energi di rumah.

Berikut ini tips menghemat energi di setiap ruangan rumah.

1. Dapur

Ketika Anda membeli mesin cuci, pencuci piring, kulkas, freezer, atau oven maka pastikan barang-barang tersebut memiliki label energi dan memiliki rating A++ karena merupakan rating paling hemat energi.

Kemudian jika Anda memiliki radiator di dapur Anda, maka Anda bisa memasang katup radiator termostatik. Ini berfungsi membuat panas yang keluar bisa diatur sesuai keinginan.

Terakhir, Anda sebaiknya menggunakan lampu neon tabung daripada menggunakan bohlam untuk pencahayaan di dapur.

2. Ruang Tamu

Bagi Anda yang memiliki penghangat ruangan, bisa memilih sistem pemanas hemat energi yang sebaliknya akan memberikan lebih banyak panas untuk ruang tamu Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X