Di Surabaya, Apartemen Sewa Belum Dilirik Pengembang Besar

Kompas.com - 13/07/2016, 11:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorHilda B Alexander

SURABAYA, KOMPAS.com - Kendati jumlah pengembang di Surabaya banyak, nyatanya mereka lebih suka membangun apartemen strata title ketimbang apartemen sewa.

Pengembang besar semacam Sinarmas Land dan Ciputra diketahui memiliki proyek apartemen di ibu kota Jawa Timur tersebut.

Sinarmas Land datang dengan proyek Klaska Residence yang akan dibangun mulai tahun ini dan terdiri dari 1.000 unit.

Sedangkan Ciputra mengembangkan Cornell dan Denver Apartment sebagai bagian dari perluasan Universitas Ciputra Apartment.

Namun, proyek-proyek apartemen itu termasuk jenis strata title atau dibangun untuk dijual, bukan disewakan.

Menurut Managing Director Corporate Strategy & Services Sinarmas Land Ishak Chandra, hal itu terjadi karena Surabaya yang notabene kota terbesar kedua di Indonesia memiliki potensi daya beli tinggi.

Hingga semester I 2016, tidak ada tambahan suplai ataupun tambahan peluncuran apartemen sewa baru. Jumlahnya pun tetap di angka 773 unit.

Jika dibandingkan apartemen strata title, maka ini berbanding terbalik. Pasalnya, suplai apartemen strata title di kota Pahlawan ini bertambah sebanyak 2.872 unit, sehingga secara kumulatif menjadi 26.463 unit.

Jumlah apartemen sewa baru bakal bertambah saat 2017 dengan selesainya pembangunan Citadines Marvell Surabaya dan Oakwood Serviced Apartment yang menyumbang 432.

Citadines Marvell Apartment menjadi properti ketiga milik The Ascott Limited setelah Somerset Surabaya dan Ascott Waterplace Surabaya yang telah beroperasi sejak 2001 dan 2005.

Berlokasi di area Ngagel, dekat dengan kawasan industri Rungkut, apartemen ini menyasar pasar pekerja dan para wisatawan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X