Kompas.com - 28/06/2016, 18:59 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mudik tahun ini, masyarakat dapat memanfaatkan 2 ruas tol baru yang telah diresmikan yaitu tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) sepanjang 20,20 kilometer, dan Surabaya-Mojokerto Seksi IV (Mojokerto-Krian) sepanjang 18 kilometer.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan membuka sementara 5 ruas jalan tol pada H-3 Lebaran.

"Dengan tambahan jalan tol Brebes Timur, jalan tol yang siap digunakan untuk Lebaran ada 5 ruas tol," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Ruas pertama adalah Kertosono-Mojokerto, yakni Mojokerto Barat-Mojokerto Utara sepanjang 5 kilometer. Kedua, Bawen-Salatiga sepanjang 15 kilometer, kemudian Solo-Ngawi ruas Solo-Sragen sepanjang 25 kilometer.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana ruas jalan tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, difoto dari udara, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa itu rencananya akan dibuka sementara untuk alternatif jalur mudik mulai H-7 Lebaran.
Selanjutnya, tol Gempol-Pandaan untuk ruas Bangil-Rembang sepanjang 7 kilometer serta Bakauheni-Terbanggi Besar yaitu dari Sabah Belau-Kota Baru sepanjang 5 kilometer dan Bakauheni-Desa Hatta sepanjang 7,1 kilometer.

Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan di jalan tol, Kementerian PUPR juga melakukan integrasi transaksi jalan tol dari Jakarta hingga Brebes Timur, yang telah diresmikan penerapannya oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (16/6/2016) lalu.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pembangunan ruas jalan tol Solo-Sragen, Jawa Tengah, difoto dari udara, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa itu rencananya akan dibuka sementara untuk alternatif jalur mudik mulai H-7 Lebaran.
Integrasi sistem pembayaran tol terbagi dua klaster yaitu Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi serta Cikopo-Palimanan (klaster 1) dan Palimanan-Kanci~Pejagan-Pemalang (klaster 2).

Dengan terintegrasinya pembayaran tol dari Jakarta hingga Brebes Timur, maka transaksi dilakukan secara tertutup pada tiga gerbang tol yaitu Gerbang Tol Cikarang Utama (pengambilan kartu untuk klaster 1), Palimanan (pembayaran tol untuk klaster 1 dan pengambilan kartu untuk klaster 2) dan Brebes Timur (pembayaran tol klaster 2).

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.