Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Banten Sumbangkan Rumah Gratis Seharga Rp 135 Juta

Kompas.com - 26/06/2016, 18:32 WIB
M Latief

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Wajah Samsuri Adrai tak bisa lagi menyembunyikan kegembiraannya. Hari itu, petugas kebersihan lingkungan di Serang, Banten, tersebut menerima rumah gratis.

Selama ini lelaki yang mengalami masalah pendengaran akut itu mengontrak rumah bersama keluarganya. Tepat di bulan Ramadhan tahun ini, Samsuri menerima rejeki berupa rumah baru di Taman Banten Lestari, Serang, Banten, Jumat (24/6/2016) lalu.

Samsuri adalah satu dari sekian banyak warga Banten yang beruntung menerima pengundian unit rumah dalam program Ramadhan Rumah Impian (RRI) yang rutin diselenggarakan oleh Realestat Indonesia (REI) sejak 3 tahun terakhir. Penyerahan kunci rumah gratis tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Banten Rano Karno didampingi Walikota Serang Tb Haerul Jaman. 

Sejak program itu digulirkankan pada 2010 lalu, DPD REI Banten menyumbangkan rumah bagi masyarakat tak mampu di wilayah Banten. Program yang termasuk bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) DPP REI itu didukung sejumlah developer besar di wilayah Banten seperti Ciputra, Paramount Land, Triniti, Alam Sutera dan developer lainnya itu 

"Pemberian rumah gratis tahun ini juga kami lengkapi dengan perabotan rumah tangganya. Penerima rumah tinggal masuk," ujar Ketua DPD REI Banten Soelaeman Soemawinata.

Sementara itu, General Manager Taman Banten Lestari Roni Adali mengatakan, dibandingkan tahun lalu rumah yang disumbangkan dalam RRI tahun ini memiliki ukuran lebih besar. Rumah senilai Rp135 juta itu diberikan dengan spesifikasi luas bangunan (LB) 29 m2 dan luas tanah (LT) 72 m2.

LTF Ketua DPD REI Banten Soelaeman Soemawinata bersama Gubernur Banten Rano Karno pada penyerahan kunci rumah gratis program Ramadhan Rumah Impian (RRI) di Taman Banten Lestari, Serang, Banten, Jumat (24/6/2016) lalu.
"Tahun lalu ukuran rumahnya 22/60. Penerima diberikan status hak pakai selama 5 tahun,” jelas Roni, yang juga Sekjen DPD REI Banten.

Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy pada kesempatan sama mengatakan bahwa program RRI akan terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. Hingga saat ini, sudah 25 unit rumah dibagikan dan dilakukan oleh tujuh DPD REI.

"Memang mengalami penurunan jumlah unit pada tahun ini. Semoga tahun depan bisa bertambah lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com