Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Baru, Properti Berkonsep Hibrid

Kompas.com - 19/06/2016, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenyamanan, keamanan, dan sedikit nuansa kemewahan adalah faktor yang menentukan kesuksesan penjualan apartemen.

Sejak kisah sukses Airbnb dengan penyewaan apartemen pribadi, hotel berkonsep hibrid dengan jaringan operator internasional terus menunjukkan peningkatan kinerja.

Tophotelprojects periset bisnis perhotelan secara global menyimpulkan hotel berkonsep hibrid (fasilitas akomodasi dan tempat tinggal) telah menemukan platformnya sendiri.

"Konsep ini mempertemukan antara investor dan operator melalui pasar yang terfragmentasi," tulis Tophotelprojects.

Jaringan operator hotel ternama macam Starwood Hotels & Resorts, Citadines, dan Adina, kemudian memperkuat portofolio-portofolio apartemennya dengan pelayanan berstandar hotel melalui konsep apartemen servis (serviced apartment). 

Dengan konsep apartemen kota nan elegan, Starwood Hotels & Resorts kini memiliki 40 proyek global dalam pipa pengembangan.

Sementara Citadines, imperium bisnis hotel asal Perancis, saat ini sedang membangun 24 properti baru.

Selanjutnya Adina Apartments yang berbasis di Australia, tengah merencanakan enam proyek baru.

Sedangkan Eropa dipimpin kelompok hotel Accors. Mereka mengembangkan 14 bangunan apartemen servis baru dengan merek Adagio.

Menurut Tophotelprojects, resep sukses apartemen servis ini tidak sebatas pada layanan yang sangat baik, peralatan masak modern yang lengkap, atau perabotan mewah untuk level kelas apartemen tertinggi.

Apartemen servis juga harus dilengkapi dengan segala macam fasilitas mulai dari pusat kebugaran, salon kecantikan, restoran, bar, hingga penerjemah profesional, jasa perjalanan dan penyewaan kendaraan.

Hal inilah yang membuka peluang baru pemasaran dan penjualan apartemen lainnya. Apa yang dilakukan Novum Hotel Group di Hamburg, bisa menjadi contoh. 

Mereka tidak hanya memasarkan apartemen dengan cara penjualan klasik, melainkan juga memanfaatkan Airbnb melalui platform reservasi via daring dengan komisi sebesar 3 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com