Begini Desain Museum Seni Modern Kontemporer Pertama di Indonesia

Kompas.com - 03/06/2016, 08:31 WIB
Museum MACAN siap dibuka di Jakarta pada awal tahun 2017. Museum MACAN siap dibuka di Jakarta pada awal tahun 2017.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma arsitektur asal London, Inggris, yakni MET Studio Design Ltd. resmi dipilih untuk merancang dan membangun desain Museum MACAN. Desainnya yang dipilih sendiri berusaha menampilkan kreativitas di Jakarta.

“Ketika kami pertama kali tiba di Jakarta, kami segera melihat bahwa kreativitas ada di mana-mana di kota ini, dan kami memutuskan saat itu juga bahwa museum ini  harus mencerminkan ruang publik tersebut,” ujar Ketua MET Studio Design, Alex McCuaig, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/6/2016).

Museum MACAN merupakan museum seni modern dan kontemporer Nusantara bertaraf internasional pertama di Indonesia.

Dari luasan total mencapai 4 hektar, Museum MACAN akan memiliki ruang atau galeri pameran seluas 2 hektar mencakup dua ruang yang dirancang khusus untuk memuat karya baru skala besar.

Selain itu ada pula taman patung indoor seluas 500 meter persegi, zona pendidikan khusus, ruang A/V, dan sebuah kafe atau restoran, serta toko ritel.

MET Studio Rendering interior MACAN Jakarta
Dalam desain bangunnya, MET Studio akan menciptakan sebuah atrium publik terbuka dengan kafe atau restoran dibuat menghadap langsung ke arah pintu masuk museum, taman patung indoor, dan menghadirkan panorama Jakarta.

Desain itu bertujuan untuk membawa suasana Jakarta masuk ke dalam Museum MACAN. Pada bagian depan, pengunjung akan disuguhi pintu masuk bergaya gerbang melengkung dengan tulisan 'MACAN' berlatar cahaya dalam huruf tebal dan besar.

Dari kafe atau restoran dan area publik, para pengunjung bergerak menuju meja resepsionis dan melalui pintu kaca partisi untuk masuk ke galeri pertama.

Area ini akan berfokus kuat pada edukasi dan dapat diubah-ubah sesuai berbagai inisiatif program, termasuk penciptaan karya seni skala besar dan pameran-pameran khusus.

Di dalam ruang orientasi ini pengunjung akan menemukan unit edukasi interaktif khusus dan layar media yang dirancang untuk lebih melibatkan pengunjung secara langsung dengan ruang, isi, dan konteks museum.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari galeri ini adalah kolaborasi digital “totem seni” dengan layar yang dapat diprogram.

MET Studio Rendering interior MACAN Jakarta
“Totem seni” ini memberikan pengunjung kesempatan untuk menciptakan dan mengunggah desain kreatif mereka untuk ditampilkan di layar dan dilihat oleh pengunjung lainnya.

Di sebelah pintu masuk juga akan ada ruang A/V kecil yang menyediakan informasi tentang museum, pameran-pamerannya, dan pemrograman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X