Ini Profil 9 Pelabuhan Baru di Nusa Tenggara Timur

Kompas.com - 31/05/2016, 18:00 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugiharto meresmikan 9 pelabuhan di Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (31/5/2016). Dokumentasi Kementerian PerhubunganSekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugiharto meresmikan 9 pelabuhan di Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (31/5/2016).
|
EditorHilda B Alexander

MARAPOKOT, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugiharto meresmikan 9 pelabuhan laut di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (31/5/2016). 

Menyusul peresmian 21 pelabuhan laut di wilayah Kepulauan Maluku yang dilakukan pada Senin (30/5/2016). 

Baca: Lagi, Pemerintah Resmikan Pelabuhan di Indonesia Timur

Sugiharto mengatakan, peresmian 9 pelabuhan ini merupakan perwujudan program membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah–daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, infrastruktur pelabuhan ini sebagai implementasi fokus kerja Kementerian Perhubungan, yaitu peningkatan kapasitas pelabuhan, mendorong konektivitas pelayaran antar wilayah demi meminimalisir masalah disparitas harga yang menjadi permasalahan utama saat ini.

Berikut profil 9 pelabuhan tersebut.

1. Pelabuhan Marapokot berada di kabupaten Nagekeo, dibangun selama sepuluh tahun, yakni sejak tahun 2005 hingga 2015.

Dengan total anggaran yang dikucurkan sekitar Rp 43 miliar, pelabuhan ini memiliki dermaga sepanjang 157 meter, trestle sebanyak 2 unit dengan panjang masing-masing 77 meter, terminal penumpang, kantor, gudang dan pos jaga.

Pelabuhan Marapokot juga dapat disandari kapal berukuran hingga 3000 DWT.

2. Pelabuhan Laut Lamakera. Pembangunannya dimulai tahun 2011 hingga 2013 dengan total anggaran Rp 28 miliar.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X