Karya Mahasiswa Arsitektur Bukan Cuma Maket

Kompas.com - 28/05/2016, 10:55 WIB
Stand Universitas Pembangunan Jaya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (27/5/2016). Stand Universitas Pembangunan Jaya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (27/5/2016).
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Pameran material dan interior Indobuildtech di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, tidak hanya menampilkan produk-produk dari perusahaan secara komersial, namun juga karya para mahasiswa dari beberapa universitas.

Mereka ini mewakili Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Pancasila, Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Indonesia.

Saat berkeliling ruang pamer, Kompas.com menemukan karya-karya menarik dari tugas akhir yang dikerjakan para mahasiswa tersebut.

Selain bentuknya yang beragam, karya-karya ini juga mendapat apresiasi pengunjung pameran karena dibalut dengan warna-warna cerah.

Karya yang ditampilkan tidak hanya berbentuk maket seperti kebanyakan tugas akhir yang dibebankan kepada para calon arsitek tersebut.

Para mahasiswa ini menampilkan sketsa, rencana induk bangunan, dan rencana induk kawasan.

Mulai dari yang tradisional seperti rumah adat hingga desain futuristik. Semuanya berasal dari ide-ide cerdas mahasiswa.

"Karya ini ada dari setiap angkatan. Satu orang satu maket, karena tugas itu lebih sering individu," kata mahasiswa semester 4 Universitas Muhammadiyah Jakarta, Endah, kepada Kompas.com, Jumat (27/5/2016).

Endah menerangkan sambil menunjukkan salah satu maket. Karya-karya yang dipamerkan kala itu dibuat oleh mahasiswa baru tingkat akhir.

Bagi mahasiswa baru, biasanya lebih banyak diberi tugas membuat sesuatu yang bernilai estetika.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X