Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Bangun Rumah Permanen Domus Rp 19 Juta Saja...

Kompas.com - 26/05/2016, 11:40 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Selain kuat, cepat, dan tahan gempa, rumah Domus juga ekonomis. Ini dimungkinkan karena biaya yang digunakan terhitung murah.

Domus merupakan rumah permanen yang dibangun dengan pengembangan sistem PT Tatalogam Lestari sehingga memungkinkan untuk dibangun secara cepat.

Pembangunan Rumah Domus terdiri dari tiga paket yang bisa dipilih oleh konsumen. Paket pertama adalah paket rangka yang hanya meliputi pembangunan rangkanya saja seperti rangka praktis, rangka kuda-kuda, rangka plafon, genteng, dan cladding.

"Sedangkan paket kedua, yakni paket putih merupakan paket rangka ditambah dengan bata ringan, roster keramik, kloset plus keran, jendela dan pintu, penutup plafon berupa gipsum 9 milimeter, dan instalasi listrik serta air," jelas General Manager PT Tatalogam Lestari, Monica Suryanto, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016).

Paket ketiga merupakan yang paling lengkap atau paket komplet. Paket ini meliputi paket putih ditambah dengan plester plus acian di bagian luar dan acian bagian dalam serta pengecatan.

Selama harga pameran IndoBuildTech 2016, paket rangka dibanderol dengan harga Rp 19 juta, paket putih seharga Rp 45 juta, dan paket komplet sebesar Rp 54 juta.

"Kalau di luar pameran harganya tambah 10 persen semua paket," tambah Monica.

Selain biaya, hal lainnya yang mesti disiapkan oleh konsumen menurut Monica adalah pondasi dan septic tank-nya.

Rumah Domus tersedia ddalam empat tipe, yakni tipe 21, 26, 29, 36, dan 45.

Monica menjelaskan Rumah Domus tipe 21 bisa diselesaikan dalam waktu lima hari, sementara tipe 26 selesai dibangun dalam satu minggu.

Sedangkan rumah dengan tipe 29 selesai dalam 10 hari, tipe 36 dua minggu, dan yang paling besar, yakni tipe 45 bisa selesai dibangun dalam kurun waktu tiga minggu.

Monica menargetkan penjualan sebanyak 20 unit Rumah Domus selama lima hari penyelenggaraan IndoBuildTech 2016 dari 25 Mei hingga 29 Mei 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com