Ada Apa Setelah Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta?

Kompas.com - 19/05/2016, 05:56 WIB
Kondisi di dalam gedung Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, yang masih dalam tahap pembangunan, Rabu (27/1/2016). 











Andri Donnal PuteraKondisi di dalam gedung Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, yang masih dalam tahap pembangunan, Rabu (27/1/2016).
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com –  Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga akhir 2015 masih menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia. Lebih dari 54 juta orang berlalu lalang di bandara ini pada 2015, menurut data Dewan Bandara Internasional (ACI).

Bukan hal mengherankan bila pada pukul 04.00 WIB, orang dengan setelan jas dan koper dorong sudah hilir mudik di bandara ini. Belum lagi rombongan keluarga yang duduk manis di ruang tunggu keberangkatan.

Pada 2011, riset penerbangan CAPA- Center for Aviation bahkan menempatkan Bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai pemilik rata-rata pertumbuhan tertinggi penumpang pesawat, yaitu 19,4 persen per tahun.

Karenanya, bahkan Presiden Joko Widodo pun sampai berkomentar soal pengembangan bandara ini. "Dari sisi kapasitas, memang bandara ini kurang, sangat kurang," ujar Presiden saat melakukan inspeksi mendadak ke kawasan Bandara, Rabu (11/5/2016).

Selain meminta pembenahan Terminal 3 segera dirampungkan, Presiden meminta ada rencana baru untuk terminal-terminal selanjutnya. “Sudah ada (Terminal) Satu, sudah ada Dua, ini Ketiga, harus langsung menuju Keempat," tegas Presiden.

Andri Donnal Putera Kondisi di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (28/12/2015), tepat tiga hari setelah Hari Raya Natal, 25 Desember 2015 kemarin, masih ramai penumpang yang datang maupun yang berangkat.

Jokowi mengingatkan, perekonomian akan tumbuh pesat pada waktu yang akan datang. Kebutuhan masyarakat terhadap rute penerbangan, baik dalam maupun luar negeri, pasti akan meningkat pula. [Baca: Jokowi Merasa Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Masih Kurang]

Grand design bandara

Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta merupakan bagian dari grand design pengembangan bandara internasional ini. Rencananya, seluruh proyek pengembangan akan rampung pada 2017.

Khusus untuk pengembangan Terminal 3, ada modifikasi besar-besaran. Bangunan terminal ini didominasi oleh kaca dan pilar-pilar besar di dalamnya.

Akses di dalam terminal juga terbagi menjadi dua jalur, yaitu lewat atas dan bawah. Jalur atas digunakan sebagai tempat keberangkatan, sedangkan jalur bawah dipakai sebagai tempat kedatangan penumpang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X