Kompas.com - 10/05/2016, 12:57 WIB
Peringatan Hari Air Dunia oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (10/5/2016). Arimbi RamadhianiPeringatan Hari Air Dunia oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (10/5/2016).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Air Dunia yang Jatuh pada 22 Maret diperingati dengan serangkaian acara yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Salah satu rangkaian acara ini adalah pameran di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang digelar selama 3 hari, Selasa-Kamis (10-12/5/2016).

Sekretaris Harian Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional, Untung Budi Santosa memaparkan, dalam pameran ini, sebanyak 166 peserta berasal dari Sabang-Merauke.

"Hal ini adalah upaya untuk menyajikan informasi secara lebih dekat. Tujuannya, untuk memberi pemahaman pada masyarakat atas apa saja yang diprogramkan oleh pemerintah dan peran kelompok masyarakat dalam Sumber Daya Air (SDA)," ujar Untung saat sambutan di GBK, Selasa (10/5/2016).

Pameran Hari Air tersebut, lanjut dia, menampilkan hasil-hasil penelitan pengembangan bidang SDA baik dari aspek konservasi maupun pendayagunaan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh unit kerja Kementerian PUPR, Balai Wilayah Sungai (BWS) di lingkungan Direktorat SDA, badan usaha milik negara (BUMN), swasta, organisasi profesi, perguruan tinggi, dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Harapan kami, dari acara ini bisa berlangsung interaksi positif dan terpaut sinergi antar stakeholder," jelas Untung.

Dalam acara tersebut, penyajian materi dilakukan secara tematik. Uraiannya adalah sebagai berikut:

  1. Sumatera Tema: Ketahanan Pangan
  2. Jawa Tema: Penyediaan Air Baku dan Pengelolaan Banjir
  3. Kalimantan Tema: Ketahanan Air dan Pangan
  4. Sulawesi Tema: Ketahanan Air, Pangan, dan Energi
  5. Maluku Tema: Pembangunan Infrastruktu ke-PU-an dan Pulau-pulau Terluar NKRI
  6. Bali Tema: Kearifan Lokal dan Pantai
  7. Nusa Tenggara Tema: Air Tanah untuk Ketahanan Pangan.
  8. Papua Tema: Potensi SDA untuk Dukung Ketahanan Air, Pangan dan Energi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.