Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Luar Jawa dan Bali, Properti Makassar dan Medan Paling Banyak Dicari

Kompas.com - 03/05/2016, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil total pencarian di situs Rumah123.com, Medan dan Makassar memiliki properti yang terjual terbanyak di luar Jawa dan Bali.

Hal ini disebabkan kedua daerah tersebut merupakan area populer yang paling banyak dicari konsumen.

Harga rata-rata properti yang paling banyak diburu di dua daerah ini masing-masing yaitu Rp 626,4 juta dan Rp 1,575 miliar.

Adapun untuk harga tertinggi dan terendah di Medan masing-masing Rp 1,255 miliar dan Rp 220 juta.

Di Makassar, harga properti tertinggi adalah Rp 3,3 miliar dan terendah Rp 350 juta. Masih berdasarkan riset dari Rumah123.com, jumlah rumah terjual di Makassar dan Medan selama 2015 adalah sama-sama 9 unit.

Dibandingkan Batam, Palembang, Pekanbaru, dan Manado, tidak banyak listing yang terjual. Jumlah rumah yang terjual di Batam adalah 4 unit, Manado 2 unit, Palembang 3 unit, dan Pekanbaru 2 unit.

Kurangnya rumah terjual di daerah-daerah ini disebabkan konsumen memang tidak banyak mencari properti di daerah tersebut.

Namun, faktor lainnya dapat juga dikarenakan tidak banyak agen yang memasang status stiker “sold” di listing mereka yang sudah terjual.

Hal ini memengaruhi data rumah yang sebenarnya sudah terjual, tetapi tercatat sebagai rumah yang belum terjual.

Sementara itu, secara total non-Jabodetabek, total rumah terjual adalah 9.795 unit dengan jumlah transaksi Rp 96 triliun. Dari total ini, juga tercatat total 21,6 juta pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com