Harga Sewa Apartemen untuk Ekspatriat Sentuh 12.000 Dollar AS Per Tahun

Kompas.com - 03/05/2016, 15:00 WIB
Maket Synthesis Residences. Arimbi RamadhianiMaket Synthesis Residences.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com — Kawasan Kemang, Jakarta, menjadi area eksklusif dan telah ditahbiskan jadi "Kampung Internasional" karena dihuni ekspatriat atau orang asing yang berasal dari mancanegara.

Kemang juga dinilai dekat dengan kawasan Sudirman dan Thamrin yang merupakan pusat bisnis. Hal ini membuat harga sewa apartemen di Kemang menjadi tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau apartemen disewakan mungkin antara 12.000 dollar AS (per tahun), itu ukuran studio," ujar Direktur Synthesis Residence Kemang Mandrowo Sapto kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Jika dikonversi ke rupiah, harganya per tahun berkisar Rp 157,9 juta. Sementara jika dibagi menjadi bulanan, harga sewanya sekitar Rp 13 juta.

Dengan harga setinggi ini, menurut Mandrowo, sangat kecil kemungkinan ada orang lokal yang mau menyewa apartemen tersebut.

Untuk itu, para ekspatriat ini menjadi pasar yang diincar Synthesis Development. Tidak sembarangan, ekspatriat ini juga yang berpenghasilan menengah ke atas.

Mandrowo mengharapkan, Synthesis Residence bisa menjadi tempat tinggal bagi salah satu komunitas tertentu.

"Banyak apartemen di sekitar sini yang dihuni berbagai komunitas. Misalnya, satu apartemen saja untuk orang-orang Jepang. Jadi, ada mayoritas," kata dia.

Selama ini, kebanyakan para ekspatriat menyewa atau mengontrak satu rumah. Namun, tinggal di rumah cukup menyulitkan bagi pebisnis yang sibuk.

Pasalnya, jika ada kerusakan, mereka sendiri yang harus mengurusnya. Berbeda dari apartemen, segala perbaikan sudah ada yang mengelola.

Apartemen juga lebih mendukung gaya hidup para ekspatriat dengan adanya fasilitas-fasilitas.

"Nanti di lantai paling atas (Synthesis Residences) akan dibuat area taman. Area parkir terletak di basement," tandas Mandrowo.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.