BPN Serahkan Lahan 383 Hektar kepada Petani Garut

Kompas.com - 12/04/2016, 18:15 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan menyerahkan lahan seluas 383 hektar kepada petani Badega, Garut, Jawa Barat, melalui program Reforma Agraria.

Sertifikat hak milik tersebut akan diserahkan langsung oleh Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan kepada 1.000 kepala keluarga (KK) petani, Rabu besok (13/4/2016).

"Sertifikat ini adalah kepastian hukum bagi petani juga menjadi dasar kehidupan yang menentramkan dan memakmurkan," ujar Ferry saat ditemui di Kantornya, Selasa (12/4/2016).

Tanah yang akan diserahkan merupakan lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang telah habis jangka berlakunya sejak 2011 dan tidak diperpanjang.

Kemudian, pemerintah menetapkan tanah tersebut sebagai tanah telantar dan menjadikannya sebagai Tanah Cadangan Umum Negara (TCUN) untuk diserahkan kepada petani yang telah turun temurun mengolah tanah tersebut.

Selain lahan pertanian, di dalamnya juga terdapat 40 hektar lahan untuk penggembalaan sapi dan kambing bagi masyarakat.

“Reforma agraria tidak selesai dengan penyerahan sertifikat, kita lanjutan dengan program access reform untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” jelas Ferry.

Ia juga mengatakan, access reform adalah kegiatan pasca redistribusi yang dilakukan antara Kementerian ATR/BPN dan kementerian/lembaga terkait.

Kegiatan ini meliputi pendampingan, pelatihan, penyiapan infrastruktur, sarana dan prasarana termasuk fasilitas akses permodalan ke perbankan.

Awal Februari lalu Kementerian ATR/BPN telah menyerahkan lahan seluas 75,56 hektar kepada 425 KK petani di Desa Tumbrep Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Selanjutnya, redistribusi lahan Reforma Agraria akan dilakukan di Buol, Sulawesi Tengah seluas 36.000 hektar dan Bandar Lampung seluas 90 hektar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X