Ciputra Berharap Pengampunan Pajak Segera Diberlakukan

Kompas.com - 11/04/2016, 12:28 WIB
Rosewood Tanah Lot Bali Dokumentasi PT Ciputra Property TbkRosewood Tanah Lot Bali
|
EditorHilda B Alexander

DENPASAR, KOMPAS.com - Direktur PT Ciputra Property Tbk (CTRP), Artadinata Djangkar, mengharapkan pemerintah segera memberlakukan tax amnesty atau pengampunan pajak agar pasar properti bergerak lebih baik lagi.

"Kami masih optimistis dengan kondisi pasar sekarang. Namun, kami tetap berharap tax amnesty segera diberlakukan untuk menambah 'energi' ke pasar properti dan bisnis lain," tutur Arta kepada Kompas.com, Minggu (10/4/2016). 

Arta melanjutkan, meski pasar bergerak lebih baik dari tahun 2015 lalu dan volume pertumbuhan mencapai 10 persen, namun masih belum bisa dikatakan kuat (strong).

Perlambatan pertumbuhan ekonomi dan depresiasi Rupiah terhadap dollar AS, juga masih menyisakan dampak signifikan terhadap kenaikan biaya konstruksi. Banyak pengembang yang kemudian harus mengalkulasi ulang.

Hal tersebut menjadi penyebab pembangunan salah satu hotel yang tengah digarap CTRP, Rosewood Tanah Lot Bali, berjalan di luar jadwal yang telah ditetapkan.

Sedianya hotel sebanyak 120 kamar ini direncanakan beroperasi pada 2017 sebagaimana tercantum dalam situs resmi Rosewood.

Namun, sampai saat ini mereka masih menyelesaikan unit pajang (show unit) sebagai acuan konstruksi nanti setelah cut and fill serta dinding penahan tanahnya.

"Akhirnya, kami behind schedule. Jadi impossible beroperasi 2017. Mungkin mereka belum update situsnya," jelas Arta.

Jadi, tambah Arta, pihaknya belum bisa memastikan waktu pembukaan Rosewood Tanah Lot. perubahan nilai tukar Rupiah sangat berpengaruh terhadap biaya konstruksi.

Karena itu unit pajang pun dirampungkan lebih dahulu untuk menghitung ulang kenaikan biaya, termasuk gross development value (GDV) yang awalnya dipatok Rp 1,2 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.