Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Terus Berburu Properti di Singapura, Malaysia, dan Australia

Kompas.com - 06/04/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Singapura, Malaysia, dan Australia menjadi tiga negara favorit orang Indonesia untuk berinvestasi di luar negeri.

Selain dekat dengan Indonesia, ketiganya juga didukung oleh hubungan bisnis dan banyaknya anak-anak Indonesia yang sekolah di sana.

Hal itu tercantum dalam hasil survei "Asia Property Sentiment H1-2016". Dari 2.200 orang Indonesia yang menjadi responden, sebanyak 45 persen memilih Singapura menjadi lokasi paling favorit untuk berinvestasi di luar negeri.

"Singapura walaupun akses ke sananya mahal tetapi mudah karena cuma satu jam terbang dari Indonesia. Selain itu di sana penerbangan ke mana-mananya banyak dan juga banyak area wisatanya," ujar County Manager Rumah123.com, Ignatius Untung, di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Tepat di belakang Singapura ada Malaysia yang memperoleh 22 persen responden, Australia 10 persen, Amerika Serikat 7 persen, Britania Raya 6 persen, Thailand 4 persen, Hongkong 3 persen, China 2 persen, dan India 1 persen.

Bukan hanya itu, survei ini juga menunjukkan penduduk Jakarta, Bandung, dan Surabaya sama-sama menjadikan Singapura sebagai lokasi paling favorit untuk investasi properti di luar negeri.

Sekitar 32 persen penduduk Jakarta, 14 persen penduduk Bandung, dan 10 persen penduduk Surabaya memilih Singapura.

Kemudian 17 persen penduduk Jakarta bersama dengan 14 persen penduduk Bandung dan 4 persen masyarakat Surabaya memilih Malaysia.

Sebanyak 8 persen orang Jakarta, 5 persen orang Bandung, dan 2 persen orang Surabaya yang memilih Australia sebagai destinasi investasi properti luar negerinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com