Kompas.com - 04/04/2016, 19:10 WIB
Ahmad Noe'man. indesignlive.co.idAhmad Noe'man.
|
EditorHilda B Alexander

BANDUNG, KOMPAS.com - Kabar duka menyelimuti dunia arsitektur Indonesia setelah arsitek kenamaan perancang Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), Ahmad Noe'man, wafat pada Senin (4/4/2016) sore.

Seperti dilansir dari laman Facebook resmi Masjid Salman, Ahmad meninggal pada usia 90 tahun di Rumah Sakit Borromeus pada pukul 15.40 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahmad merupakan lulusan arsitektur ITB tahun 1958 dan penggagas berdirinya Masjid Salman yang merupakan masjid kampus pertama di Indonesia.

Awalnya, pasca lulus dan mendapat gelar insinyur, Ahmad hendak dikirim ke Kentucky, Amerika Serikat untuk mengikuti program master.

Namun dirinya malah lebih memilih menjadi dosen di ITB sambil mendirikan firma arsitektur yang bernama Birano, singkatan dari Biro Arsitektur Ahmad Noe’man.

Ahmad dan kakaknya yang juga pengajar di ITB, Ahmad Sadali melihat bahwa kampusnya tidak memiliki sarana ibadah yang memadai dan berinisiatif untuk membangun sebuah masjid di sana.

Hingga pada 1964, bersama dengan Ketua Tim delegasi Jajasan Pembina Masdjid (JPM) ITB, Prof TM Soelaiman, Ahmad berhasil bertemu dengan Soekarno, Presiden Republik Indonesia kala itu guna memperlihatkan rancangan masjid kampus ITB yang dinilai cukup futuristik.

Soekarno pun akhirnya merestui pembangunan masjid tersebut dan dinamai Masjid Salman. Nama tersebut diakui Soekarno karena terilhami dari nama sahabat Rasulullah, Salman Alfarisi, perancang parit ketika Perang Parit Pecah.

Masjid Salman ITB adalah karya arsitektur pertama Ahmad. Masjid tersebut dibangun berbeda dengan masjid lainnya yang tanpa kubah dan justru beratap rata.

Ahmad tidak membuat tiang pancang di dalam masjid dengan tujuan agar shaf shalat berjamaah tidak terpotong. Setelah merancang Masjid Salman ITB, mendiang mulai aktif menjadi arsitek berbagai masjid di Indonesia lainnya, bahkan di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.