Kompas.com - 01/04/2016, 17:34 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba bersih PT Ciputra Development Tbk (CTRA) tahun 2015 mengalami penurunan sebesar 3 persen menjadi Rp 1,28 triliun dibanding tahun 2014 sebesar Rp 1,32 triliun.

Turunnya laba bersih ini disebabkan meningkatnya beban bunga pinjaman, khususnya yang dibayarkan oleh proyek properti investasi.

Sementara di segmen pendapatan, terjadi pertumbuhan sebesar 18,5 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya menjadi Rp 7,51 triliun. Tahun 2014, CTRA mencatat pendapatan Rp 6,34 triliun.

“Tahun 2015 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi dunia usaha di Indonesia, termasuk dunia properti. Namun dengan strategi diversifikasi, baik produk maupun geografi, pendapatan kami meningkat," papar CEO PT Ciputra Development Tbk, Candra Ciputra, dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (1/4/2016).

CTRA mengonsolidasikan seluruh pendapatan dari anak perusahaannya, termasuk PT Ciputra Property Tbk (CTRP) dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS).

Kenaikan pendapatan CTRA berasal dari peningkatan penjualan residensial sebesar Rp 914 miliar yang berasal dari CTRS dan dari CTRA sendiri, serta kenaikan pendapatan komersial senilai Rp 260 miliar yang terutama dikontribusikan oleh CTRP.

Tak hanya segmen pendapatn, segmen laba usaha juga meningkat naik senilai Rp 167 miliar atau 7,4 persen dari tahun lalu.

Pada anak perusahaan, CTRS mencatat perolehan pendapatan Rp 1,91 triliun, naik 11,5 persen dibandingkan dengan tahun lalu Rp 1,71 triliun.

Laba bersih CTRS juga mengalami kenaikan 14,2 persen menjadi Rp 597 miliar seiring dengan kenaikan pendapatan.

Sementara CTRP meskipun membukukan lonjakan pendapatan 48 persen dari tahun lalu, yaitu dari Rp 1,66 triliun menjadi Rp 2,46 triliun, laba bersihnya turun Rp 66 miliar menjadi Rp 327 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.