Kompas.com - 25/03/2016, 00:52 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Bagi Anda yang jengah dengan kehidupan perkotaan dan ingin tinggal di lingkungan hijau di dalam rumah pohon, rancangan ini bisa menjadi jawabannya.

Tak seperti kebanyakan rumah pohon yang dibangun menggunakan material dominasi kayu, rumah pohon setinggi empat lantai ini merupakan ruang hidup terbungkus kaca yang mengelilingi batang kayu.

Rumah Pohon

Sang arsitek, Aibek Almassov mengatakan rumah pohonnya merupakan tempat untuk manusia yang ingin tinggal dalam harmoni dengan alam, sebagaimana sebuah pohon di dalamnya memberikan kehidupan kepada rumah sekitarnya.

Ketika selesai dibangun, rumah itu akan memiliki satu pertukaran yang indah dengan pohon di tengah sebagai pusatnya.

Panel surya transparan membungkus dinding kaca dan untuk kebutuhan air, Almassov akan memurnikan air hujan sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan penghuninya.

A. Masow Architects

Sementara itu, oksigen dari pohon akan mengalir ke seluruh bagian rumah dengan pencahayaan alami dari matahari masuk ke celah-celah ranting pohon dan memberikan bayangan minimalis di dalam rumah.

Bagian terbaik di rumah pohon Almassov adalah pintu masuk dan kamar mandi berbentuk kapsul kaca.

Rumah Pohon

Rumah pohon itu kini masih dalam tahap perencanaan desain dengan pembangunannya dilakukan di sebuah hutan pada 2017.

Almassov sendiri saat ini tengah berkonsultasi dengan pemerintah lokal di Kazakhstan untuk membuat rumah pohon itu sebagai sebuah ruang publik bukan sebagai rumah tinggal keluarga.

Jika dilihat lagi, rumah pohon ini memang tak memiliki ruang untuk sebuah kamar tidur yang penuh privasi sehingga lebih baik menjadi sebuah ruang publik.

Meski begitu bukan berarti rumah pohon seperti desain Almassov tak bisa dijadikan pilihan bangunan populer di masa depan karena manusia pasti akan semakin kreatif menangani masalah energi dan memenuhi keinginan untuk bisa menyatu dengan alam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.