Keren... Semua Karyawan Kantor Ini Punya "Asisten Pribadi"!

Kompas.com - 18/03/2016, 08:07 WIB
The Edge di Amsterdam, Belanda, tak hanya hijau, namun juga pintar. WWW.BLOOMBERG.COMThe Edge di Amsterdam, Belanda, tak hanya hijau, namun juga pintar.
|
EditorLatief


KOMPAS.com
Piip... piip... piip... Jam weker elektrik berbunyi membangunkan Anda dari mimpi semalam. Sekarang pukul 7 pagi, waktunya bersiap kerja. Selagi Anda sibuk membersihkan diri dan menyiapkan bekal, semua agenda harian diunggah ke sistem kantor lewat aplikasi di telepon pintar.

Aplikasi khusus pegawai tersebut berperan laiknya asisten pribadi yang terhubung dengan sistem di kantor. Setibanya di gedung kantor, perangkat ini akan mengenali nomor pelat mobil Anda, membuka gerbang, dan menunjukkan tempat parkir kosong.

Peranti sama menyiapkan tempat kerja berdasarkan jadwal dan selera karena Anda memang dibebaskan memilih ruang kerja di kantor. Jika ada meeting bersama kolega, misalnya, ruang rapat segera disediakan.

Menjelang siang, saat Anda butuh tempat terbuka untuk mencari ide mengerjakan proyek penting, kursi di atrium telah dipesan. Bahkan, di manapun ruang kerja Anda, "asisten" ini akan menyesuaikan cahaya lampu dan suhunya. Semua kebiasaan Anda sudah terekam di aplikasi ini secara otomatis.

The Edge

Pengalaman di atas akan jadi keseharian Anda jika bekerja di gedung The Edge, Amsterdam, Belanda. Bangunan "pintar" seluas 40.000 meter persegi ini berkonsep hot desking yang menyediakan 1.000 meja untuk dipakai bergantian oleh 2.500 penghuninya.

Pemakaian kursi pun diatur lewat satu aplikasi yang sama. Dengan begitu, para karyawan tak perlu juga berebut kursi.

"Seperempat bagian gedung ini tidak menyediakan ruang kerja, tetapi tempat untuk (karyawan) saling bertemu," ujar arsitek The Edge, Ron Bakker, seperti dikutip Bloomberg.com, Rabu (23/9/2015).

WWW.BLOOMBERG.COM Atrium dalam gedung The Edge didesain mampu menghasilkan lingkaran ventilasi secara alami. Suhu hangat dan sedikit hembusan angin menciptakan kesan outdoor bagi penghuni di dalamnya.

Di gedung itu juga ada ruang bermain dan tempat "ngopi", lengkap dengan mesin espresso. Uniknya, alat pembuat kopi tersebut bisa meracik kopi sesuai selera masing-masing karyawan secara otomatis.

Tak hanya itu. Layar proyektor untuk presentasi tersedia di hampir semua sudut ruangan, siap disinkronisasikan dengan smartphone atau komputer tanpa butuh kabel (wireless).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X