Rumah Sudah Pakai MCB? Jangan Yakin Aman Dulu...

Kompas.com - 18/03/2016, 07:48 WIB
Arus listrik berlebih dapat terdeksi oleh bimetal. Beban panas yang terus meningkat akan memuaikan komponen ini sehingga arus listrik secara otomatis mati. ThinkstockArus listrik berlebih dapat terdeksi oleh bimetal. Beban panas yang terus meningkat akan memuaikan komponen ini sehingga arus listrik secara otomatis mati.
|
EditorLatief

KOMPAS.comMiniature circuit breaker atau MCB merupakan salah satu perangkat listrik penting untuk rumah, demi menghindari arus pendek dan kebakaran. Namun, asal punya dan memasang alat ini saja tidak cukup.

Anda tidak bisa sembarang membeli dan memasang MCB. Salah-salah, perangkat yang Anda gunakan palsu dan membahayakan diri serta rumah.

Ada beberapa hal harus diperhatikan ketika membeli MCB agar tidak terkecoh produk palsu. Pertama, perhatikan empat komponen yang biasa ada di MCB, yaitu arc chute, bimetal, koil magnetic, dan tuas on-off.

Arus listrik berlebih dapat terdeksi oleh bimetal. Beban panas yang terus meningkat akan memuaikan komponen ini sehingga arus listrik secara otomatis mati.

Sementara itu, koil magnetic akan melindungi jaringan listrik dari hubungan arus pendek. Adapun arc chute berfungsi memadamkan api, yaitu jika terjadi kontak gerak atau saat tuas MCB dibuka secara manual.

"Namun, melihat komponen dalam MCB memang sulit karena terkait bagian dalamnya. Solusinya, minta sertifikat resmi karena perangkat listrik asli selalu dilengkapi sertifikat," kata Country President PT Schneider Electric Indonesia Riyanto Mashan pada Kompas.com.

Masyarakat juga harus waspada, lanjut Riyanto, jika menemukan MCB dengan harga terlalu miring. Bisa jadi, menurut dia, perangkat MCB tersebut barang tiruan atau memakai komponen yang tidak aman.

"Sebenarnya, cara paling mudah adalah memilih perangkat yang sesuai standar nasional (SNI). Keamanannya sudah tentu terjamin," tambah Riyanto.

Dok PT Schneider Electric Indonesia ELCB ini akan mendampingi MCB. Berbeda dengan MCB yang berfungsi mencegah arus pendek, ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker berfungsi mengamankan manusia dari "arus bocor" atau kebocoran arus. Dengan mudahnya, ELCB akan memberikan pengaman agar manusia tidak tersetrum hingga tewas.
ELCB

Riyanto menyarankan, meskipun sudah memakai MCB, pemasangan earth leakage circuit breaker (ELCB) sangat dibutuhkan sebagai perangkat pengaman tambahan. Alat ini akan langsung memutus jaringan, terutama ketika ada kebocoran arus listrik melebihi ambang batas aman 30 mA.

"Kalau manusia tersetrum dengan arus (dalam batas aman) tersebut, aliran listrik tidak akan menyebabkan kematian. Efek sampingnya hanya sampai pada sesak napas," ujar Riyanto.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X