Kompas.com - 15/03/2016, 17:24 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan arsitektur sangat berpengaruh terhadap pembangunan. Pasalnya, perencanaan pembangunan infrastruktur atau bangunan dikerjakan oleh arsitek.

Menurut Kepala Departemen Arsitektur Universitas Indonesia (UI), Yandi Andri Yatmo, arsitektur UI sendiri saat ini sudah banyak mencetak sarjana arsitektur dan arsitek.

"Alumni sudah ada 2.000-an. Namun yang bekerja di bidangnya belum cukup signifikan hanya 50-60 persen," ujar Yandi kepada Kompas.com, saat pembukaan pameran Ekskursi Arsitetur UI, di Museum Nasional, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Meski demikian, Yandi menambahkan alumni Arsitektur UI tidak terlalu banyak yang pindah jalur dibanding alumni universitas lainnya.

Hal ini disebabkan karena dalam satu angkatan, mahasiswa Arsitektur UI tidak terlalu banyak. Dengan begitu atmosfer akademisnya jauh lebih baik.

Selain itu, Arsitektur UI sudah sejak lama mengadakan pendidikan profesi arsitek (PPA). Dengan adanya PPA, mahasiswa lulusan sarjana arsitektur bisa langsung menempuh PPA dan berprofesi sebagai arsitek.

Yandi menuturkan, pihaknya tengah mendorong pemerintah dan universitas lain untuk mengadakan PPA. Selama ini, lulusan arsitektur di universitas lain, harus menempuh pendidikan master yang berdiri sendiri untuk mendapatkan profesi arsitek.

Untuk menyelesaikan pendidikan sarjana, magang, dan pendidikan profesi arsitektur, mahasiswa yang bersangkutan paling tidak harus menghabiskan waktu 10 tahun.

Setelah lulus sarjana arsitektur dan menempuh PPA, mahasiswa bisa menjadi arsitek dengan lebih singkat, yaitu 7 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.