Trik Membersihkan Dapur Secepat Kilat

Kompas.com - 15/03/2016, 09:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Dapur merupakan tempat proses produksi nutrisi untuk seluruh anggota keluarga. Karena itu, ruangan ini harus selalu dibersihkan.

Untuk membersihkannya, ternyata bisa bertahap tergantung berapa lama waktu yang Anda miliki.

Bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang, cara ini bisa Anda ikuti. Jika Anda punya waktu hanya 15 menit, pembersihan dapur yang bisa dilakukan adalah membersihkan meja dan wastafel dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

"Bila produk Anda tidak bisa mematikan bakteri dan virus sekaligus, cara ini dapat mematikan sementara waktu," kata Janice Stewart, pemilik Keepers Castle, sebuah layanan pembersihan di Chaleston, Carolina Selatan.

Bersih-bersih lainnya, Anda bisa menggosok bak cuci piring dengan spons dan air, lalu keringkan. Anda juga bisa menyapu dan mengepel lantai sampai kering. Ambil dan bersihkan kotoran agar kegiatan mengepel lebih efisien.

Jangan lupa, bersihkan juga pegangan lemari es dan lap permukaannya dengan cairan antibakteri.

Getty / Huffingtonpost.com Barang-barang ini perlu segera dibersihkan. Meski tampak sepele, dampaknya bisa membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.
Jika Anda ternyata memiliki waktu 30 menit, tambahkan beberapa kegiatan bersih-bersih lain, seperti membersihkan peralatan dapur yang lama tak dipakai.

Ambil peralatan tersebut dari tempat penyimpanan dan bersihkan dengan mencuci atau sekedar mengelap.

Namun, jika waktu satu jam yang dimiliki, Anda bisa menambahkan kegiatan seperti mencuci kabinet atau rak penyimpanan.

Usap dari atas ke bawah dengan spons yang lembut yang telah direndam air hangat dan sabun pencuci piring. Bila rak terbuat dari kayu, Anda bisa menggunakan pembersih kayu.

Terakhir, jika Anda memiliki waktu luang sampai setengah hari, padatkan kegiatan ini dengan menambah pembersihan bagian dalam kulkas.

Pembersihan ini bisa menggunakan larutan tiga sendok makan soda kue yang dicampur empat cangkir air hangat.

Sebelumnya, keluarkan lebih dulu makanan di dalam kulkas dan letakkan di tempat bersih. Lalu, bersihkan kulkas dengan kain basah dan keringkan.

Selamat mencoba!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X