Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Pilih Arsitek!

Kompas.com - 11/03/2016, 22:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber IDEA

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun rumah impian dengan bantuan arsitek akan sangat mempermudah Anda mewujudkannya. Bahkan seorang arsitek dapat menerjemahkan kebutuhan sesuai anggaran yang dimiliki.

Namun begitu, salah memilih arsitek justru akan berdampak cukup buruk. Bukan hanya hunian tidak sesuai keinginan, biaya yang dikeluarkan pun bisa jauh lebih besar dari perhitungan awal.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak asal tunjuk arsitek karena nantinya berhubungan dengan biaya jangka panjang, dan lamanya proyek pengerjaan rumah.

Berikut ini beberapa tips yang akan membantu Anda memilih jasa arsitek:

Pertama, lihat hasil karya arsitek yang bersangkutan. Bukan sekadar bagus dan mahal, tapi harus sesuai dengan karakter dan selera Anda.

Kedua, mintalah arsitek tersebut untuk memperlihatkan sertifikat keahlian arsitektur (SKA) dari IAI (Ikatan Arsitek Indonesia).

Ketiga, penting juga mempertimbangkan seberapa sibuk arsitek yang akan bekerja sama dengan Anda. Jangan sampai rumah Anda terlambat selesai karena kesibukan si arsitek.

Keempat, bicarakan tarif secara mendetail dan kemungkinan adanya biaya tak terduga.

Kelima, mintalah daftar klien arsitek yang dapat dihubungi untuk mendapatkan referensi kinerja arsitek selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com