Kompas.com - 10/03/2016, 20:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden yang menimpa Hotel Club Bali yang berlokasi di perumahan Kota Bunga, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (9/3/2016) pagi menguak beberapa fakta.

Salah satunya, kondisi tanah di daerah ini memang tidak stabil atau mudah bergerak. Selain itu, kelerengan tanahnya pun di atas 30-40 persen dan rentan terjadi longsor.

Kejadian ini membuktikan bahwa pengembangan apa pun, harus dilakukan dengan kajian analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) yang mumpuni.

Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti Yayat Supriyatna menengarai akibat pembangunan ini ada kemungkinan wilayah resapan air hilang di bagian atas lereng.

"Perlu dicek (bagian lereng) atasnya, karena hotel itu punya penampungan air. Pertanyaannya, air itu dari mana sumbernya?" ujar Yayat kepada Kompas.com, Kamis (10/3/2016).

Ia menambahkan, jika benar ada bak penampungan, berarti di bagian atas lereng, ada wilayah resapan. Kalau air tidak tertampung di wilayah resapan ini, maka bisa membuat kontur tanah berubah.

Di satu sisi, Yayat meyakini pihak hotel membangun bak penampungan air dan menggunakan mata air di lereng gunung. Ia melihat di daerah ini sulit untuk membuat sumur.

Untuk memasok air ke dalam hotel, hanya ada dua kemungkinan yaitu menggunakan air tanah dalam seperti sumur atau menggunakan mata air yang ada di sekitarnya.

"Pasti dia membuat gronteng atau tangki, seperti bak penampungan untuk memenuhi kebutuhan air di hotel. Kan tidak ada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di situ," tandas Yayat.

Saksikan video Hotel Club Bali diterjang longsor:

Kompas TV Evakuasi Hotel Tertimpa Longsor Dilanjutkan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.