Simak, Strategi Menggaet Ekspatriat Jepang...

Kompas.com - 06/03/2016, 13:00 WIB
Ilustrasi www.shutterstock.comIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
BEKASI, KOMPAS.com - "Jangan sembarangan mengklaim orang Jepang sudah memborong apartemen anu, anu, dan anu. Mereka tidak mudah tergoda meskipun dibujuk dengan ini itu". 

CEO Selaras Holding, Edhijanto Widjaja mengungkapkan hal tersebut saat temu media Grande Valore, di Holiday Inn, Cikarang, Bekasi, Sabtu (5/3/2016). 

Menurut Edhi, ekspatriat Jepang demikian teliti, cerewet, dan juga selektif jika sudah menyangkut hunian yang akan mereka pilih untuk ditinggali. 

"Jadi, jika ada pengembang yang mengaku-aku produknya sudah diborong ekspatriat Jepang adalah bohong. Karena mereka sangat selektif," tutur Edhi.

Lebih lanjut Edhi mengatakan, jumlah ekspatriat Jepang di Bekasi, terutama Cikarang tidaklah sebanyak yang dikira orang. Kurang dari 10.000 orang, dan tidak semuanya tertarik untuk tinggal di Cikarang.

Mereka yang masih "alergi" untuk menetap di Cikarang, tersebar di pusat kota Jakarta macam kawasan Sudirman, dan Thamrin serta Kuningan, kawasan Kemang, koridor Simatupang, atau Pondok Indah. 

Karena itu, mudah ditemui eksekutif-eksekutif dari negeri Matahari Terbit ini di apartemen-apartemen dan hotel macam InterContinental, Kempinski Residence, Kuningan Plaza (kini Verde Apartment), Essence at Dharmawangsa, Dharmawangsa Residences, Pondok Indah Golf Residences, atau Capital Residences.

Menggaet konsumen asal Jepang, kata Edhi, diperlukan strategi dan upaya khusus, untuk tidak dikatakan spesifik mengikuti selera dan kemauan mereka.

Kalau pun produk properti yang dibangun sudah memenuhi standar dan kualitas, belum tentu dapat memenuhi selera dan ekspektasi mereka jika layanan dan pengelolaannya asal-asalan.

Demikian halnya jika hanya mengandalkan nama besar, ratusan portofolio properti, atau kinerja finansial meyakinkan, tapi kalau belum menyentuh "hati" dan "emosi" orang Jepang, niscaya tidak akan dilirik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X