Kompas.com - 03/03/2016, 19:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang sudah menjadi nasabah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tak bisa lagi mendapat manfaat dari Tapera.

Pasal 24 ayat (1) Undang Undang (UU) Tapera menyebutkan, pemanfaatan dana Tapera dilakukan untuk pembiayaan perumahan. Pembiayaan perumahan yang dimaksud kemudian diatur dalam pasal 25 ayat (1).

"Pembiayaan perumahan bagi Peserta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 meliputi pembiayaan pemilikan rumah, pembangunan rumah, atau perbaikan rumah," bunyi pasal 25 ayat (1).

Kemudian dalam pasal 25 ayat (2) kembali dijelaskan tentang ketentuan pembiayaan perumahan bagi peserta Tapera, yakni merupakan rumah pertama, hanya diberikan satu kali, dan mempunyai nilai besaran tertentu untuk tiap-tiap pembiayaan perumahan.

Oleh karena itu, peserta Tapera yang sudah menjadi nasabah KPR tidak bisa menikmati fasilitas pembiayaan perumahan Tapera.

"Nasabah KPR kan sudah ada akad kredit, UU ini khusus untuk masyarakat berpenghasian rendah (MBR) dan yang belum memiliki rumah. Jadi mereka ini tidak akan mendapat fasilitas pembiayaan rumah," jelas Direktur Jenderal (Dirjen) Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus, di Jakarta, Kamis (3/2/2016).

Kendati tidak bisa mendapat fasilitas pembiayaan perumahan, peserta Tapera masih bisa mengambil uangnya ditambah dengan hasil pemupukannya pada akhir masa kepersertaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.