Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri Empat Hunian Mewah Calon Pengganti Obama

Kompas.com - 24/02/2016, 06:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Donald Trump kini tengah di atas angin setelah posisinya sebagai calon presiden Amerika Serikat "hanya" mampu disaingi oleh Hillary Clinton.

Sebelum pencalonan dirinya sebagai presiden, Trump dikenal sebagai sosok pengusaha sukses Amerika Serikat. Dengan profesinya yang demikian, tentu saja dia memiliki standar tempat tinggal yang tinggi.

Tak hanya sukses sebagai pengembang properti, Trump juga ternyata memiliki beberapa rumah supermewah yang pernah digunakan sendiri.

Berikut ini empat hunian paling mewah yang dimiliki Donald Trump:

1. The Haroldyn House di Greenwich, Connecticut

The Haroldyn House, salah satu hunian mewah bekas Donald Trump seluas 20.000 kaki persegi ini kini dijual dengan harga Rp 790 miliar

Rumah dengan 45 kamar ini dibangun di atas lahan seluas lebih dari 1.850 meter persegi di pulau pribadi miliknya yang dibeli pada 1982.

Rumah ini terdiri dari tiga lantai dengan tangga "kupu-kupu", kolam renang dalam dan luar ruang, arena bola gelinding (bowling), lapangan tenis, dan rumah tamu atau paviliun.

Trump kehilangan rumah ini pada 1991 ketika harus bercerai dengan istri pertamanya, Ivana. Kabarnya, rumah mewah ini sudah masuk pasar penjualan dengan harga 54 juta dollar Amerika Serikat atau setara hampir Rp 790 miliar.

2. Maison de L'Amitie di Palm Beach, Florida

Rumah dengan pemandangan lautan ini dibangun Trump di atas lahan seluas 60.000 kaki persegi

Rumah dengan pemandangan lautan ini dibangun Trump di atas lahan seluas 60.000 kaki persegi atau nyaris 5.580 meter persegi.

Trump sendiri tinggal di hunian mewah ini selama empat tahun sejak 2004 hingga 2008 sampai akhirnya dia menjual rumah tersebut kepada taipan Rusia, Dmitri Rybolovlev . Harganya sekitar 100 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 1,45 triliun.

Rumah ini dilengkapi kolam renang besar dan ornamen emas 24 karat di kamar mandinya serta air mancur yang terdapat di halaman depan.

3. The Trump Albemarle Estate di Charlottesville, Virginia

Rumah mewah seluas 26.000 kaki persegi ini dibeli Trump 'hanya' dengan harga Rp 189 miliar

Trump membeli properti ini dengan cara yang benar-benar strategis. Pasalnya, properti ini pada 2012 ditengarai seharga 100 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 1,45 triliun lebih.

Namun sang pemilik rumah malah menjualnya seharga 13 juta dollar Amerika Serikat atau hanya sekitar Rp 189 miliar lebih.

Hal itu dilakukan oleh sang pemilik rumah yang juga mantan istri konglomerat media, John Kluge, yang mengalami kebangkrutan dalam industri anggurnya.

Rumah seluas lebih dari 2.400 meter persegi yang berlokasi di kaki gunung Blue Ridge ini sekarang hanya menjadi tempat tidur dan sarapan Trump.

4. The Mar-a-Lago Club di Palm Beach, Florida

Residen klasik mewah yang terdiri dari 58 kamar tidur dan 33 kamar tidur ini dibeli Trump pada 1985 dengan harga Rp 145 miliar

Mar-a-Lago merupakan sebuah residen di Palm Beach seluas 17 hektar yang dibangun untuk Marjorie Merriweather Post. Kemudian Trump membelinya pada 1985 dan mengubahnya menjadi sebuah klub pribadi.

Trump membeli hunian ini seharga 10 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 146 miliar. Di dalamnya terdapat 58 kamar tidur dan 33 kamar mandi serta sebuah menara setinggi 75 kaki yang bisa dilihat dari jarak puluhan kilometer jauhnya.

Selain itu, Trump menambahkan beberapa fasilitas lainnya seperti aula seluas 1.858 meter persegi, lapangan kriket dan tenis, spa, dan klub pantai.

Kini, residen klasik ini dibuka untuk umum dengan biaya menginap sebesar 1.000 dollar Amerika Serikat atau hampir Rp 15 juta per malamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com