Kompas.com - 02/02/2016, 20:02 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) diyakini akan lebih mudah mempunyai rumah, seiring segera rampungnya Rancangan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (RUU Tapera).

Beleid baru ini mengatur setiap warga negara yang bekerja baik sebagai pegawai negeri sipil (PNS), swasta atau yang bekerja mandiri, wajib menjadi peserta Tapera.

Syaratnya adalah berpenghasilan di atas upah minimum dan telah berusia sekurang-kurangnya 18 tahun atau sudah menikah saat mendaftar.

"Apa yang menjadi cita-cita rakyat Indonesia untuk bisa mendapatkan rumah murah, sebentar lagi terwujud. Dan, ini akan menjadi sejarah baru bagi bangsa Indonesia," kata Wakil Ketua Pansus RUU Tapera Misbakhun dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/2/2016).

Nantinya, lanjut Misbakhun, akan ada iuran yang disetor oleh pemberi kerja dan karyawan, mirip seperti prinsip jaminan sosial tenaga kerja.

Pemupukan dana Tapera akan dilakukan dengan prinsip konvensional atau prinsip syariah, yang bisa dipilih para peserta. Semua kegiatan itu akan dikelola oleh badan khusus bernama Badan Pengelola Tapera yang akan beroperasi dua tahun sejak RUU Tapera diundangkan.

Menurut Misbakhun, hingga saat ini proses pembahasan RUU itu sudah selesai 85 persen. Substansi-substansi utama yang menjadi Daftar Inventarisasi Masalah sudah diselesaikan dan tinggal menunggu kerja Tim Perumus draf akhir RUU Tapera.

Ia menargetkan RUU Tapera pada akhir bulan ini sudah tuntas dibahas.

"Akhirnya cita-cita untuk mempunyai UU yang kuat, yang melindungi hak rakyat memperoleh perumahan dan pembiayaan dengan dana murah sebentar lagi akan terwujud," terang Misbakhun.


Beban pengusaha

Politisi Golkar ini menambahkan, pembahasan RUU Tapera yang singkat menjadi bukti sejarah keberanian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memastikan terpenuhinya kebutuhan rakyat akan perumahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.