Jepang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Terbesar di Dunia

Kompas.com - 01/02/2016, 16:11 WIB
Pembangkit listrik tenaga surya mengapung di Jepang. Pembangkit listrik tenaga surya mengapung di Jepang.
|
EditorLatief

KOMPAS.com — Kyocera TCL Solar LLC telah memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di dunia. Berkapasitas 13,7 megawatt (MW), pembangkit listrik terapung itu terletak di Yamakura Dam dan dikelola oleh Perusahaan Badan Publik Prefektur Chiba di Jepang untuk layanan air industri.

Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara Kyocera Corporation (IW 1000/352) dan Century Tokyo Leasing Corp. Dijadwalkan untuk diluncurkan pada 2018, pabrik tersebut akan terdiri atas sekitar 51.000 modul yang diinstal di permukaan air tawar seluas 180.000 meter persegi.

Proyek ini menurut estimasi bisa menghasilkan 16.170 megawatt per jam (MWh) per tahun. Kapasitasnya diprediksi cukup untuk memberi daya terhadap 4.970 rumah.

Pada waktu yang sama, daya yang dihasilkannya mengimbangi sekitar 8.170 ton emisi CO2 per tahun. Jumlah ini sama dengan 19.000 barrel minyak yang dikonsumsi.

Proyek ini dimulai pada bulan Oktober 2014, ketika Usaha Badan Publik Prefektur Chiba mencari perusahaan yang akan membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya mengambang ini untuk membantu mengurangi dampak lingkungan.

Dengan adanya penurunan saluran tanah untuk pembangkit listrik di Jepang akibat implementasi yang cepat dari tenaga surya, Kyocera TCL Solar mengembangkan model yang bisa mengapung. Dengan demikian, pembangkit juga memanfaatkan permukaan air berlimpah di waduk Jepang untuk pertanian dan pengendalian banjir.

Perusahaan mulai membangun pembangkit berkapasitas 1,7 MW dan 1,2 MW pada Maret 2015, diikuti oleh pembangkit 2,3 MW pada bulan Juni.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X