Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Terbesar di Dunia

Kompas.com - 01/02/2016, 16:11 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com — Kyocera TCL Solar LLC telah memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di dunia. Berkapasitas 13,7 megawatt (MW), pembangkit listrik terapung itu terletak di Yamakura Dam dan dikelola oleh Perusahaan Badan Publik Prefektur Chiba di Jepang untuk layanan air industri.

Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara Kyocera Corporation (IW 1000/352) dan Century Tokyo Leasing Corp. Dijadwalkan untuk diluncurkan pada 2018, pabrik tersebut akan terdiri atas sekitar 51.000 modul yang diinstal di permukaan air tawar seluas 180.000 meter persegi.

Proyek ini menurut estimasi bisa menghasilkan 16.170 megawatt per jam (MWh) per tahun. Kapasitasnya diprediksi cukup untuk memberi daya terhadap 4.970 rumah.

Pada waktu yang sama, daya yang dihasilkannya mengimbangi sekitar 8.170 ton emisi CO2 per tahun. Jumlah ini sama dengan 19.000 barrel minyak yang dikonsumsi.

Proyek ini dimulai pada bulan Oktober 2014, ketika Usaha Badan Publik Prefektur Chiba mencari perusahaan yang akan membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya mengambang ini untuk membantu mengurangi dampak lingkungan.

Dengan adanya penurunan saluran tanah untuk pembangkit listrik di Jepang akibat implementasi yang cepat dari tenaga surya, Kyocera TCL Solar mengembangkan model yang bisa mengapung. Dengan demikian, pembangkit juga memanfaatkan permukaan air berlimpah di waduk Jepang untuk pertanian dan pengendalian banjir.

Perusahaan mulai membangun pembangkit berkapasitas 1,7 MW dan 1,2 MW pada Maret 2015, diikuti oleh pembangkit 2,3 MW pada bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com