Pembangunan Waduk Kuningan Ditargetkan Kelar 2017

Kompas.com - 26/01/2016, 23:53 WIB
Menteri Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Waduk Kuningan pada Selasa (26/1/2016). Progres pembangunan waduk ini baru mencapai 16 persen. Dokumentasi Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPRMenteri Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Waduk Kuningan pada Selasa (26/1/2016). Progres pembangunan waduk ini baru mencapai 16 persen.
|
EditorHilda B Alexander

KUNINGAN, KOMPAS.com - Kendati progresnya baru mencapai 16 persen, namun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menargetkan pembangunan Waduk Kuningan bisa rampung pada 2017 mendatang.

"Tahun 2017 nanti, waduk ini agar selesai secepatnya, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat," ujar Basuki dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/1/2016). 

Kepala Balai Cimanuk Cisanggarung Tri Sasangko Widiyanto mengatakan, pembangunan waduk ini memiliki banyak manfaat.

Di antaranya sebagai air irigasi di wilayah Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektar serta Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektar.

Manfaat lainnya menjadi sumber pembangkit listrik sebesar 0,5 MWA dan pasokan airb aku sebanyak 300 liter per detik. 

Waduk yang dikerjakan oleh KSO PT Wijaya Karya (persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya (persero) di atas lahan seluas 284,45 hektar dengan kapasitas tampung sekitar 25 juta meter kubik. 

Pembangunan Waduk Kuningan menggunakan dana APBN dengan nilai Rp 464 miliar yang kontraknya ditandatangani pada 29 November 2013.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X