Ini Tips Memilih Hunian Bagi Para "Jomblo"

Kompas.com - 19/01/2016, 07:13 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari lokasi untuk tempat tinggal, atau memilih tempat tinggal itu sendiri sama halnya dengan mencari jodoh.

Ada saja masalah yang ditemui ketika mencari dan memilih rumah. Terutama sekali bagi Anda atau mereka yang masih sendiri.

Meski tidak atau belum memiliki pasangan, kaum jomblo juga biasanya ingin memiliki tempat tinggal yang nyaman.

Pemilihan kawasan tempat tinggal menjadi salah satu hal paling penting sebelum membeli rumah atau apartemen. Mereka mesti memikirkan masa depan kawasan tersebut.

"Yang penting sih kawasannya ya apakah menjanjikan, sehingga rumah atau apartemen itu bisa dijual kembali. Intinya kemungkinan untuk investasinya harus ada," kata desainer interior, Aghnia Fuad, kepada Kompas.com, Sabtu (16/1/2016).

Setelah memilih kawasan, lanjut Aghnia, yang mesti diperhatikan selanjutnya adalah denah rumah atau apartemen.

Aghnia menyarankan bagi mereka yang masih belum memiliki pasangan untuk memerhatikan luas bangunan agar sesuai kebutuhan dan tata letak sehingga bisa diperluas lagi nantinya kelak ketika sudah memiliki pasangan dan menikah.

"Selain tata letak dan luas bangunan, perhatian juga dikhususkan untuk posisi kamar, sirkulasi udara, dan sirkulasi cahaya agar bisa senyaman mungkin ditempati," tambah Aghnia.

Terakhir, Aghnia menyarankan untuk memilih kontraktor yang menjanjikan keamanan dan sesuai dengan kepribadian sebelum membeli rumah atau apartemen.

Kontraktor dengan reputasi bagus akan sangat mengeerti keinginan Anda bila kelak berniat merenovasi rumah dan apartemen.

Sementara bagi Anda yang ingin membeli rumah atau apartemen langsung dari pengembang, bisa melihat rekam jejak mereka berdasarkan produk-produk yang sebelumnya dibangun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X