Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Gedung "Super Langsing" Mendominasi Dunia

Kompas.com - 15/01/2016, 14:06 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CTBUH

KOMPAS.com - Lengkap sudah keberadaan 100 supertall atau pencakar langit sejangkung 300 meter lebih di seluruh dunia. Menyusul selesainya pembangunan 432 Park Avenue di New York, Amerika Serikat.

Konstruksi gedung-gedung supertall telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Fakta ini merupakan indikator pertumbuhan yang luar biasa dalam indsutri bangunan tinggi global.

Pembangunan 50 supertall pertama membutuhkan waktu 80 tahun sejak 1930 hingga 2010. Sementara pertambahannya dari 50 ke 100 hanya membutuhkan waktu lima tahun.

Pembangunan 50 supertall pertama membutuhkan waktu 80 tahun dari 1930 hingga 2010. Sementara pertambahannya dari 50 ke 100 hanya membutuhkan waktu lima tahun.

Mayoritas gedung-gedung supertall itu ada Asia dan Timur Tengah, sekaligus sebagai cerminan tren konstruksi yang muncul selama satu dekade terakhir.

Meski begitu, New York masih menjadi pusat gedung-gedung supertall di Amerika Serikat dengan keberadaan tujuh gedung, termasuk 432 Park Avenue yang baru selesai.

Jumlah itu hanya kalah dari Dubai yang terus mendominasi dengan 18 gedung supertall.

Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) mengonfirmasi bahwa 432 Park Avenue selesai dibangun pada 23 Desember 2015.

Gedung yang menjulang 425,5 meter itu merupakan bangunan residensial tertinggi di dunia dan menduduki peringkat keempat belas gedung paling jangkung di pentas global secara keseluruhan.


Halaman:
Sumber CTBUH
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com