Kompas.com - 14/01/2016, 21:41 WIB
Ilustrasi http://cdn.designrulz.com/Ilustrasi
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain interior maupun eksterior mencerminkan penghuni yang tinggal di dalamnya.

Seiring berjalannya waktu, arsitek dan desainer interior mulai menanamkan gaya hidup sehat dari rumah.

"Yang sedang diminati oleh orang-orang sekarang sepertinya ke arah yang lebih sehat. Interiornya lebih kepada menerapkan konsep desain hijau," ujar arsitek sekaligus desainer interior Sigit Kusumawijaya kepada Kompas.com, Rabu (13/1/2016).

Sigit menuturkan, konsep desain hijau meliputi material yang hemat energi dengan banyak fitur-fitur sehat.

Secara pribadi, Sigit mendukung gaya hidup masyarakat agar menuju kesadaran desain hijau. Ia mencontohkan, penghematan energi bisa menggunakan lampu-lampu LED.

Selain itu, penghuni juga bisa meletakkan tanaman di dalam maupun di luar rumahnya. Menanam tanaman tidak hanya bersifat estetika, tetapi juga menciptakan hidup yang sehat.

Akan lebih baik lagi jika tanaman yang dipelihara merupakan tumbuhan sayur-sayuran atau buah-buahan.

"Orang-orang itu mengarah ke hidup sehat dengan tanaman yang ditanam, tidak hanya untuk estetika tetapi bisa dikonsumsi," jelas Sigit.

Tanaman ini tidak terbatas hanya di rumah tapak saja. Di apartemen pun, penghuni bisa menanam tanaman untuk dikonsumsi.

Syaratnya, tanaman harus terkena cahaya matahari langsung. Menurut Sigit, hal ini tidak sulit karena banyak apartemen yang memiliki beranda.

"Karena tanaman butuh sinar matahari, beranda itu harus kena sinar matahari," sebut Sigit.

Tanaman yang bisa dikonsumsi dan ditanam sendiri di halaman rumah atau beranda apartemen antara lain kangkung, bayam, tomat dan cabai.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X