Kompas.com - 14/01/2016, 20:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghimpun dana jangka panjang sebagai pemenuhan kebutuhan perumahan layak dan terjangkau.

Potensi Tapera bahkan sangat besar yang diperkirakan mencapai puluhan triliun rupiah.

"Kalau prediksi, 5 tahun pertama bisa Rp 50 triliun-Rp 60 triliun dan bisa membiayai 500.000-an unit rumah," ujar Direktur Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus di Jakarta, Rabu (14/1/2016).

Maurin menjelaskan, dana ini didapat dari skenario pungutan sebesar 3 persen. Pesertanya berasal dari berbagai macam profesi.

Peserta Tapera akan dikumpulkan secara bertahap. Tahap pertama yang sudah siap adalah peserta pegawai negeri sipil (PNS). Data-datanya tinggal dipindahkan dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum).

Sementara untuk peserta non-PNS, pemerintah akan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Dalam 5 tahun pertama, kalau pegawai negeri semua 4,5 juta-5 juta orang. Potensi peserta BPJS Ketenagakerjaan 20 juta. Itu kan belum semua sebenarnya," jelas Maurin.

Untuk 5 tahun pertama, Tapera akan difokuskan mengejar 20 juta peserta seperti yang sudah ada dalam data BPJS.

Untuk skenario bertahap, pada fase pertama dimungkinkan peserta berjumlah 1 juta, kemudian tahun kedua meningkat 3 juta, dan tahun ketiga menjadi 5 juta.

Maurin menyebutkan, angka peserta 20 juta cukup banyak, sementara Tapera masih baru. Ia menambahkan, sebanyak Rp 50 triliun-Rp 60 triliun potensi dananya paling banyak dari PNS.

Sementara sisanya non-PNS berasal dari keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dengan rincian TNI/Polri 841.00p dan pekerja swasta 394.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.