Kompas.com - 14/01/2016, 18:42 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses penyusunan Rancangan Undang-undang Tabungan Perumahan (RUU Tapera) masih berlangsung. RUU ini rencananya akan ditetapkan Maret 2016.

Setelah UU ditetapkan, proses selanjutnya adalah penetapan Komite Tapera dan Badan Pengelola (BP) Tapera.

"Begitu UU diketok, dalam tempo tiga bulan, Komite Tapera harus ditetapkan. Kemudian, dalam enam bulan BP Tapera harus ditetapkan," ujar Direktur Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus di Jakarta, Rabu (14/1/2016).

Komite Tapera ini terdiri dari lima orang yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Keuangan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, satu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan profesional.

Tugas Komite Tapera adalah menetapkan kebijakan strategis Tapera, menyeleksi BP Tapera, dan mengawasi BP Tapera.

Dengan demikian, setelah Komite Tapera diresmikan, mereka wajib mengusulkan komisioner BP Tapera kepada presiden untuk ditetapkan.

Setelah itu, lanjut Maurin, paling lambat dua tahun, seluruh peraturan pelaksanaan harus sudah jadi. Kemudian, paling lambat dua tahun sejak UU diundangkan, Peraturan Pemerintah (PP) Tapera harus sudah operasional.

"Paling lambat 2018 UU dan seluruh peraturan baru bisa efektif," jelas Maurin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.